Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UIN Malang Raih Anugerah UI Greenmetric Kategori Most Sustainability Improved University in Indonesia tahun 2023 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Dec - 2023, 12:01

Placeholder
Rektor UIN Malang saat menyampaikan sambutan singkat usai menerima Anugerah UI Greenmetric kategori Most Sustainability Improved University in Indonesia tahun 2023 (ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) Malang meraih penghargaan bergengsi pada UI Greenmetric World University Ranking 2023. UIN Maliki Malang meraih Anugerah UI Greenmetric kategori Most Sustainability Improved University in Indonesia tahun 2023.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA dalam kegiatan yang diselenggarakan di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (30/11/2023).

Baca Juga : RSUD Srengat Raih Penghargaan Bergengsi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk Pelayanan Unggul Penanganan Kecelakaan Kerja

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA menjelaskan, diraihnya bahwa penghargaan ini merupakan buah manis dari kerja keras dan komitmen seluruh civitas akademika UIN Maliki Malang dalam mewujudkan kampus yang berkelanjutan. 

"Ini merupakan berkah dan anugerah, mendapatkan apresiasi. Kita bersama-sama bertekad untuk menjadikan lingkungan kita dan kampus kita lebih asri, hijau dan bermanfaat untuk semuanya," paparnya dalam sambutan singkat usia menerima penghargaan.

1

Lebih lanjut, UI GreenMetric World University Ranking sendiri merupakan pemeringkatan universitas-universitas di dunia berdasarkan kinerja mereka dalam aspek keberlanjutan. Pemeringkatan ini dilakukan oleh UI sejak tahun 2010 dan diikuti oleh lebih dari 1.000 universitas dari 84 negara. 

UI mengawali sebuah Peringkat Universitas Dunia pada tahun 2010 yang kemudian dikenal dengan nama "UI GreenMetric World University Rankings" untuk mengetahui usaha berkelanjutan perguruan tinggi di seluruh dunia. 

Hal ini dimaksudkan untuk membuat survei online untuk melihat program dan kebijakan berkelanjutan pada universitas di seluruh dunia. 

Baca Juga : Aktris Kiki Fatmala Meninggal Dunia Usai Berjuang dari Komplikasi Kanker 

Pemeringkatan ini bertujuan untuk berkontribusi dalam wacana berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus, mempromosikan universitas sebagai agen perubahan sosial berkaitan dengan tujuan-tujuan berkelanjutan. 

Selain itu, ini menjadi alat penilaian diri tentang keberlanjutan kampus untuk institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia, dan menginformasikan kepada pemerintah, badan lingkungan setempat dan internasional serta masyarakat tentang program-program berkelanjutan di kampus. 

Penilaian UI GreenMetric dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Economi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang Universitas Islam Negeri Malang penghargaan Prof Dr HM Zainuddin MA



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri