Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Relawan Mak Ganjar Jatim Stimulan Petani Melalui Pupuk Organik

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Nov - 2023, 19:22

Placeholder
Pelatihan Membuat Pupuk Organik

JATIMTIMES - Untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, pertanian adalah sektor krusial yang menentukan. Namun, sektor agraris ini kerap menghadapi berbagai macam tantangan. Seperti misalnya pada keterbatasan pupuk subsidi.

Bahkan, tak jarang para petani terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan pupuk komersial non subsidi. 

Baca Juga : Viral, ASN Boyolali yang Diduga Iuran untuk Pemenangan Capres Sudah Dilaporkan KPK

Melihat hal ini, Relawan Mak Ganjar Jawa Timur berinisiatif menggelar penyuluhan pertanian "pembuatan pupuk organik" untuk membantu para petani memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman serta menekan biaya produksi.

Kegiatan ini dilakukan di Dusun Genang, Desa Maron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Rabu (22/11/23). Sejak pagi, warga setempat tampak memadati acara edukasi ini.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa mengungkapkan pupuk organik yang dibuat ini berasal dari rempah-rempah seperti bawang merah dan buah-buahan yakni nanas dan pisang.

"Sekarang pupuk kimia atau pupuk subsidi itu sudah mulai langka. Selain langka juga sekarang harganya mahal, jadi dari adanya pelatihan ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang kesulitan pupuk di akhir-akhir ini," ucap Hariza usai ditemui di lokasi.

Mayoritas warga desa di sana memang bermata pencaharian sebagai petani. Adapun komoditas pertanian yang ditanam beragam mulai dari jagung, padi, alpukat, dan lain sebagainya.

Pada kegiatan ini Mak Ganjar menghadirkan pemateri penyuluh pertanian, Hariyanto yang memang ahli di bidang pupuk organik.

Baca Juga : Semangat Melalui Si- RAMBO Tekan Inflasi hingga Persiapan Sambut Tahun 2024

Pemakaian pupuk organik, lanjut Hariza, tak hanya bermanfaat dalam menekan biaya produksi, tetapi juga berdampak pada meningkatnya produksi dan memperbaiki lingkungan.

"Karena di sini sebagian besar masyarakatnya adalah petani jadi kita ingin mengedukasi mereka untuk bergeser sedikit dari penggunaan pupuk yang biasanya menggunakan pupuk kimia," jelas dia.

"Kita ingin mengajak mereka untuk lebih sehat baik dari hasil panennya dan juga dari tanahnya jadi beralih sedikit ke pupuk organik jadi sedikit-sedikit untuk mengenalkan mereka biar nanti bisa beralih," imbuh dia.


Topik

Peristiwa Relawan Mak Ganjar pupuk organik ganjar pranowo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Sri Kurnia Mahiruni