Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kelola Pasar di Jember secara Bertahap, Dimulai dengan Membersihkan Lingkungan Pasar

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : A Yahya

22 - Nov - 2023, 14:02

Placeholder
Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat bertemu pedagang di pasar Kalisat, sebelum aksi bersih bersih (foto : istimewa / Jember TIMES)

JATIMTIMES - Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., menggelar Wes Wayahe Pasar Jember Resik pada Rabu (22/11/2023) siang. Tepatnya, di Pasar Kalisat.

"Pasar Kalisat Jubek dan saya senang menyampaikan apa adanya," tegas bupati mengawali sambutan. Bahkan, dia menerangkan bahwa sejumlah pasar di Jember masih jelek karena banyak permasalahannya.

Baca Juga : Sampoerna Kembali Buka SKT di Jatim, Bakal Serap Puluhan Ribu Tenaga Kerja 

Namun, itu perlu ditata dan diperbaiki. Untuk menata pasar, lanjutnya, dilakukan secara bertahap. Misalnya, masih ditemukan banyaknya pedagang yang mengambil hak pengguna jalan.

"Untuk menata itu, bisa saja dilakukan lima menit. Tapi tak boleh langsung begitu, perlu ada pendekatan lebih dulu," paparnya. Lantas, mengapa tak langsung digarap? Sebab, pihaknya perlu menggerakkan ekonomi lebih dulu.

"Masih banyak orang miskin di Jember, oleh karena itu pergerakan ekonomi perlu berjalan dulu," katanya. Belum lagi, uang yang digunakan untuk membetulkan pasar masih belum ada.

"Soalnya, sebelumnya, banyak persoalan pasar yang tidak segera dibetulkan," tuturnya. Oleh karena itu, bupati mengimbau warga Jember, khususnya para pedagang pasar untuk bersabar.

"Nanti akan kami tata secara bertahap. Tidak perlu terburu-buru, kita mulai dengan bersih-bersih pasar lebih dulu," tegasnya. Bahkan hingga saat ini, sudah ada banyak pasar yang menjalankan program Wes Wayahe Jember Resik.

Baca Juga : Imbas Penangkapan 2 Jaksa di Bondowoso, KPK Geledah Rumah Kontraktor di Jember

Dengan program ini, pemerintah lebih dulu menata jalan dengan menata para pedagang di luar pasar. "Nanti, baru dipindah jika ada tempat yang layak untuk ditempati di dalam pasar," paparnya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga membersihkan selokan agar tak menimbulkan genangan saat musim hujan tiba. Dengan begitu, para penjual dan pembeli dapat beraktivitas dengan nyaman.

Lebih lanjut, sambil menunggu realisasi pembangunan, bupati mengajak setiap pedagang untuk menjaga kebersihan Pasar Kalisat. "Buat tempat jualan bapak ibu sekalian supaya membuat banyak pembeli tertarik untuk membeli di tempat anda masing-masing," pungkasnya. (*)


Topik

Pemerintahan Hendy Siswanto Jember Bupati Jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

A Yahya