Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Kletih Jember, Polisi: Ngaku Habis Ikut Acara Salawatan

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Dede Nana

20 - Nov - 2023, 15:37

Placeholder
Kasatreskrim Polres Jember AKP. Abid Uais Al Qarnain Aziz saat menggelar press conference (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES -  Isu viral yang ramai menjadi topik di media sosial belakangan ini, terkait Kletih (Keliling Golek Getih) di Kabupaten Jember, benar-benar membuat orang tua mengelus dada.

Terlebih barang bukti yang berhasil diamankan dari anak-anak ingusan tersebut. Di antaranya 1 potongan paralon dan 4 senjata tajam, dimana satu diantaranya adalah pisau dapur.

Baca Juga : Tanggapan Puan soal Gibran Hadiri Acara Silaturahmi Desa Bersatu

Tidak hanya itu, selain 4 sajam, barang bukti lain yang ikut diamankan diantaranya bendera dan kaos bertuliskan "Komunitas Sholawat Syeikher Mania", dan juga "Santri Rewel Berkat" serta tas berlogo kepala tengkorak.

Kasatreskrim Polres Jember AKP Abid Uwais Al Qarnain Aziz menyatakan, bahwa dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap para pelaku, dari 10 anak yang diamankan, hanya 6 yang dilakukan pemeriksaan lanjutan.

"Hanya 6 anak berperkara dalam hukum yang prosesnya masih berlanjut. Ke 6 anak tersebut terbukti membawa senjata tajam dan melanggar Pasal 1 ayat 1 UU Darurat nomor 12.  Ancamannya maksimal 10 tahun penjara," ujar Abid.

Abid juga menjelaskan, bahwa motif pelaku melakukan aksinya, dari pengakuannya, senjata tajam yang dibawanya hanya sebatas untuk melindungi diri. Namun sejumlah saksi menyebutkan, jika pelaku juga mengayunkan senjata tajam ke jalan. 
 

Baca Juga : 8 Jam Geledah Kantor Kejari Bondowoso, KPK Bawa Keluar 4 Koper

"Dari pemeriksaan, mereka (para pelaku) mengaku pulang dari acara salawatan. Terus senjata tajam yang dibawanya dalihnya untuk melindungi diri sendiri dan juga temannya, jika sewaktu-waktu diserang orang tak dikenal," jelas Abid.

Seperti diketahui, pada Sabtu (19/11/2023) tim Patroli Polsek Ajung mengamankan 10 anak ingusan dari 2 lokasi berbeda,  dimana 8 anak diamankan di timur pertigaan Ajung,dan 2 lainnya di Desa Mangaran. 


Topik

Hukum dan Kriminalitas kletih kletih jember polres jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Dede Nana