Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

102 Stand Berbagai Daerah Pamerkan Unggulan Pariwisata di Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Nov - 2023, 15:55

Placeholder
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat meninjau stand Pemkot Batu di Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 yang berlangsung di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis-Minggu (16-19/11/2023). (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk pariwisata dan ekonomi kreatif Pemkot Batu menggelar Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 yang berlangsung di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis-Minggu (16-19/11/2023).

Ada 102 stand dari penjuru daerah yang mengikuti event Hari Jadi Kota Batu ke-22 tahun ini.

a

Expo ini dibuka Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dengan pemotongan pita dan menyentuh layar di depan area pameran. Aries juga berkesempatan melihat beragam produk unggulan yang dipamerkan.

a

 

Mulai dari prosduk bisnis, investasi, industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti sepatu, baju, aksesori, lukisan, kerajinan tangan, makanan dan minuman, rotan, yang dihasilkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebab para peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain Malang Raya ada dari Bandung, Banyumas, Tegal, Jambi, Depok, Solo, Ngawi, Demak, dan sebagainya.

a

Produk yang dipamerkan pun jangan dianggap remeh. Sebab produk-produk unggulan setiap daerah tersebut memiliki kualitas yang terbaik.

Baca Juga : Jelang Tutup Tahun, Serapan PBB-P2 Kabupaten Bondowoso Capai 69,40 Persen

Seperti halnya stand Pemkot Batu yang dibuat replika Balai Kota Among Tani. Di dalam replika Balai Kota Among Tani di dalamnya dipamerkan bunga anggrek dendrobium warna ungu dan putih, ada juga beragam karya batik khas warga Kota Batu.

a

“Kami menggelar event ini untuk masyarakat. Lewat expo ini mengenalkan balance pariwisata antara kota/ kabupaten di Indonesia, sehingga ada interaksi,” ucap Aries.

Selain mengenalkan keunggulan daerah masing-masing, juga untuk menggeliatkan perekonomian. Dengan demikian nantinya mampu mengangkat pariwisata hingga berdampak pada melonjaknya angka kunjungan.

“Di tahun 2022 Kota Batu bisa mencapai target sampai 7 juta wisatawan. Mudah-mudahan tahun 2023 bisa tercapai sesuai target,” imbuh pria yang juga Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini.

Baca Juga : Terkait Narasi Curang: Partai Garuda Sindir Kubu Ganjar

Tak hanya itu, diharapkan produk ekonomi kreatif dan potensi dari berbagai daerah dapat dikenal masyarakat secara luas. Minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Batu juga  bisa meningkat.

“Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023 ini menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Batu. Semoga bisa tumbuh sampai 6,18 persen,” terang Aries.

Sedang dalam Expo ini juga diramaikan dengan Batu Food Tourism Festival beragam kuliner khas dari berbagai daerah. Seperti ada soto ayam, kupang, lenthu, rujak, bakso, dan beragam kuliner yang mampu menggoyangkan lidah.

Kemudian ada juga Nusantara Tourism Forum & Creative Economi Outlook. Pentas seni budaya dan hiburan seni Bantengan dan Rampak Barong yang merupakan kesenian khas Kota Batu wajib ditonton. Ada juga Lomba Mewarnai, Lomba Kreasi Video IG Expo dan sebagainya.


Topik

Peristiwa Expo Pariwisata pemkot batu wisata kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Peristiwa

Artikel terkait di Peristiwa