Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tinjau Pembangunan Pelengsengan, Pj Wali Kota Batu Ingin Ada Percepatan Antisipasi Longsor

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

15 - Nov - 2023, 19:04

Placeholder
Pembangunan pelengsengan di Jurang Susuh, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Memasuki musim penghujan, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mempercepat progres pembangunan pelengsengan atau penahan tebing di beberapa titik. Hal ini dilakukan agar pelengsengan mampu menahan longsor di saat hujan lebat.

Aries pun langsung meninjau tiga titik pembangunan pelengsengan di Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji, Rabu (15/11/2023). Pertama Aries meninjau pembanguan pelengsengan di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.

Baca Juga : Padukan Konsep Alam, Budaya, dan Manusia, Presiden Jokowi Groundbreaking Kantor BPJS Ketenagakerjaan di IKN

Perbaikan pelengsengan tersebut berukuran panjang 20 meter dan tinggi 15 meter. Total kebutuhan material sekitar 600 kubik.

Jika lancar, pembangunan tersebut diperkirakan akan selesai pada awal atau pertengahan bulan Desember. “Ini jalan desa yang biasa dilalui oleh masyarakat sebagai alternatif jika jalan raya mengalami kepadatan lalu lintas. Semoga di akhir tahun bisa selesai,” ucap Aries.

Ke depan Dinas PUPR akan memasang guard rail sepanjang 50 meter. Tak hanya itu. Akan dilakukan pelebaran jalan menjadi 3 meter dan panjang 50 meter.

Aries berharap upaya tersebut bisa selesai sesuai target, sehingga kepadatan arus wisatawan di akhir tahun bisa diurai.

Kemudian Aries juga meninjau pelengsengan di Desa Giripurno. Pelengsengan yang dikerjakan di Jurang Susuh itu sudah mencapai 75 persen. Kemudian di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, yang sudah mencapai 75 persen.

Baca Juga : NU Kota Batu Buka Posko Bersama Peduli Palestina di Depan Masjid An-Nur

“Saya berharap bangunan mampu menahan longsor tepi jalan ketika hujan lebat tiba, sehingga air tidak meluber ke lahan pertanian dan masyarakat pengguna jalan tenang dan nyaman,” ujar Aries.

 


Topik

Pemerintahan Pemkot Batu pelengsengan cegah longsor Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy