Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Antisipasi Dimanfaatkan Kepentingan Politik, Camat Bangsalsari Monitoring Pembagian BPNT dan CPP

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

14 - Nov - 2023, 18:56

Placeholder
Penyaluran bantuan beras BPNT di Desa Banjarsari, Bangsalsari, Jember. (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES – Beberapa bantuan untuk warga tidak mampu didistribusikan dalam waktu yang hampir bersamaan pada bulan November. Mulai bantuan beras CPP (Cadangan Pangan Pemerintah), PKH (Program Keluarga Harapan), bantuan DBHCT (Dana Bagi Hasil Cuka Tembakau) serta BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai)

Terhadap bantuan-bantuan  itu,tidak tertutup kemungkinan ada pihak-pihak yang mencoba menunggangi untuk kepentingan politik.

Baca Juga : Gibran Tunjuk Emil Dardak dan Arumi Bachsin Jadi Jubir, Ini Alasannya

Guna mengantisipasi hal tersebut ada di wilayahnya, Selasa (14/11/2023), Basuki -camat Bangsalsari,Jember- melakukan monitoring pembagian bantuan BPNT di dua  desa yang ada di wilayahnya, yakni Desa Banjarsari dan Desa Sukorejo.

Meski sejauh ini indikasi ada pihak yang mencoba menunggangi bantuan dari pemerintah tersebut tidak ada, monitoring tetap dilakukan untuk menghindari jika ada bantuan yang tidak tepat sasaran.

“Kami selalu melakukan monitoring ke sejumlah desa yang menyalurkan bantuan dari pemerintah. Selain untuk memastikan bantuan tepat sasaran, juga untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang menunggangi. Apalagi saat ini tahun politik. Tidak menutup kemungkinan ada pihak yang mengklaim,” ujar Basuki saat ditemui di Balai Desa Banjarsari.

Basuki juga menjelaskan, penyaluran bantuan dari pemerintah saat ini cenderung lebih kondusif. Dan tidak banyak warga yang protes dengan alasan lebih layak dan belum mendapat bantuan.

Hal ini dikarenaka penerima bantuan sudah merata dan warga sudah banyak yang memahami, jika tidak mendapatkan bantuan yang satu, maka namanya akan tercantum dalam bantuan yang lain. “Alhamdulillah, saat ini lebih kondusif dibanding awal-awal bantuan turun. Warga sudah paham semua. Jika tidak mendapat bantuan DBHCT, maka akan mendapatkan bantuan lainnya, misal beras CPP, atau bantuan lainnya,” ujar Basuki.

Baca Juga : Turun ke Desa Balerejo, Si Jaran Ijo Disdukcapil Pemkab Blitar Rekam e-KTP 11 Warga Berkebutuhan Khusus

Sementara  Kepala Desa Banjarsari Naning Royani, ditemui di sela-sela pembagian bantuan BPNT, kepada wartawan menyatakan bahwa bantuan di desanya sudah mulai merata dan diterima oleh mereka yang benar-benar membutuhkan.

“Jika ada warga kami yang benar-benar tidak mampu, kami akan memperioritaskan pada bantuan BLT. Jika masih belum terdata, maka akan kami usahakan tetap mendapat bantuan dengan cara lain seperti memberikan bantuan secara stimulan atau yang lainnya,” ujar Naning.

Untuk bantuan BPNT yang disalurkan di balai desa pada Selasa (14/11/2023) pagi, tercatat ada  509 warga penerima manfaat. “Untuk BPNT hari ini, ada 509 warga yang menerimanya, mereka adalah warga yang masuk dalam PKH,” pungkas Naning.


Topik

Pemerintahan Bantuan sosial Jember Pemkab Jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy