Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

KPU Kota Batu Terima Ribuan Kotak Suara di Gudang Logistik Baru

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

09 - Nov - 2023, 16:25

Placeholder
Petugas saat menata kotak suara di KPU Kota Batu, Kamis (9/11/2023). (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Setelah tinta dan bilik suara, giliran kotak suara kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Kamis (9/11/2023). KPU Kota Batu menerima sebanyak 3.061 kotak suara.

“Kotak suara ini logistik ketiga yang datang di KPU Kota Batu, dan satu kali pengiriman,” ungkap Divisi Hukum KPU Kota Batu, Thomi Rusy Diantoro.

Baca Juga : Panen Raya Mundur, Pemerintah Impor Beras 2 Juta Ton dan Perpanjang Bansos

Tumpukkan kotak suara di dalam truk itu dikeluarkan oleh petugas. Kemudian kotak suara yang terbuat dari kardus itu ditata dengan rapi di gudag yang baru saja disewa yang lokasinya di belakang kantor KPU Kota Batu. “Jadi saya kira gudang ini sudah representatif melaksanakan dan menyimpan kebutuhan logistik untuk persiapan Pemilu 2024,” imhuh Thomi di kantornya.

Kotak suara yang masih terbungkus plastik itu, diterima KPU dalam kondisi yang tidak ada kerusakan. Hanya saja jika nantinya didapati ada kerusakan pihak KPU kota Batu akan membuat berita acara, lalu akan diganti dengan baru.

“Ketika nanti tidak ada kerusakan dan kekurangan berarti berita acara lengkap. Tetapi kalau ada kerusakan atau kekurangan, kita buat berita acara, kita kirim ke penyedianya,” ujar mantan Bawaslu Kota Batu ini. 

611 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Batu masing-masing akan menerima 5 kotak suara. Setelah ini logistik yang akan datang adalah surat suara. “Cuman masih belum tahu kapan surat suara akan tiba di Kota Batu,” terang Thomi.

Menurut Thomi kelengkapan Pemilu 2024 yang masih belum datang yakni bantalan, alat coblos, ATK, dan sebagainya.

Baca Juga : Perawat Amerika Puji Tenaga Medis Indonesia di Gaza: Rela Mati Bersama Warga Palestina

Sedang  kebutuhan Pemilu 2024 yang sudah tiba di KPU Kota Batu yakni 1.222 botol tinta. Setiap TPS akan mendapatkan 2 tinta. Lalu juga ada 2.444 bilik suara sesuai dengan kebutuhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Batu. Masing-masing TPS mendapat 4 bilik suara dengan total 611 TPS.

Bilik suara itu terbuat dari kardus yang sudah tertata dengan rapi dibalut dengan plastik. Demikian pula dengan tinta yang masih berada di dalam kardus. 

Nantinya proses setting kotak suara dan bilik suara bakal dilakukan di gudang logistik KPU Kota Batu. Sehingga TPS hanya tinggal menggunakan.


Topik

Peristiwa kpu kota batu kota batu kotak suara



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya