Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Arkhan Kaka: Pemuda Blitar yang Berpotensi Membawa Indonesia Bersinar di Piala Dunia U-17 2023

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Nov - 2023, 14:46

Placeholder
Arkhan Kaka. (Foto: Instagram @arkhan.kakaputra)

JATIMTIMES- Arkhan Kaka, pesepakbola berbakat asal Blitar, Jawa Timur, telah menjadi sorotan utama para pecinta sepak bola Tanah Air. 

Dikenal sebagai pemain muda yang memiliki potensi luar biasa, Arkhan Kaka saat ini menjadi pilar Timnas Indonesia U-17, dan kabarnya, ia bercita-cita untuk melanjutkan karier sepak bola di luar negeri setelah berlaga dalam Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga : Kejaksaan Panggil Wabup Blitar Rahmat Santoso Terkait Polemik Sewa Rumah Dinas

Bagi Kaka, langkah ini bukan sekadar impian, melainkan juga tekad untuk melampaui pencapaian gemilang ayahnya, Purwanto, yang merupakan salah satu legenda sepak bola Indonesia dengan kiprahnya bersama klub-klub top Tanah Air seperti Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan PSIS Semarang. Meskipun Purwanto tidak pernah bermain di luar Indonesia, Kaka berambisi untuk mengukir prestasi yang lebih besar di kancah internasional.

Arkhan Kaka, yang lahir pada tanggal 2 September 2007, memiliki postur yang mencolok untuk usianya, yakni tingginya mencapai 1,88 meter. Postur tinggi ini menjadikannya memiliki keunggulan dalam bertarung di duel-duel udara, yang menjadi salah satu elemen penting dalam permainan sepak bola.

Perjalanan karier sepak bola Arkhan Kaka dimulai ketika ia bergabung dengan PSBK Blitar pada tahun 2019, ketika usianya baru 12 tahun. Selanjutnya, pemain muda ini melanjutkan karier di tim Elite Pro Academy U-16 sebelum akhirnya merapat ke Bhayangkara FC U-16 pada tanggal 11 Oktober 2021. Di Bhayangkara FC U-16, Kaka menjadi andalan tim dan berhasil menjadi top skor dalam turnamen Elite Pro Academy U-16 pada tahun yang sama dengan torehan 9 gol.

Namun, meskipun Kaka menunjukkan kemampuan yang cemerlang, Bhayangkara FC U-16 hanya berhasil mencapai babak perempat final dalam turnamen tersebut dan gagal melaju ke babak semifinal setelah kalah dari PSM Makassar U-16 dengan skor 3-5. Setelah itu, Arkhan Kaka memutuskan untuk berpindah ke Persis Solo dan bergabung dengan tim U-20. Namun, perjalanannya menuju tim senior Persis Solo berjalan cukup singkat, karena ia berhasil debut di tim senior pada tanggal 1 Januari 2023. Kini, ia menjadi salah satu penyerang utama dalam skuad Persis Solo.

Kaka melakukan debutnya dalam pertandingan Persis Solo saat melawan Persib Bandung dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022/2023. Ia masuk menggantikan Irfan Bachdim pada menit ke-70. Pada saat itu, Kaka baru berusia 15 tahun, 7 bulan, dan 2 hari. Penampilannya dalam pertandingan ini menjadikannya debutan termuda di BRI Liga 1 2022/2023. Ia juga telah diikat kontrak oleh Persis Solo hingga tahun 2026, menunjukkan kepercayaan besar klub terhadap bakatnya.

Arkhan Kaka pertama kali mencuat ke permukaan ketika ia membantu Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara dalam Piala AFF U-16 2022, dengan kontribusi mencetak 2 gol. Sebelumnya, ia sempat dicoret dari skuad yang dipimpin oleh Bima Sakti, tetapi kemudian berhasil kembali setelah menjadi top skor dalam EPA Academy U-16.

Setelah kembali ke skuad Garuda Asia, nama Arkhan Kaka menjadi langganan dalam timnas Indonesia U-16. Ia turut serta dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, di mana ia mencetak quattrick alias empat gol dalam satu pertandingan dalam laga Grup B melawan Guam. Hasil akhir pertandingan menunjukkan kemenangan telak dengan skor 14-0 bagi skuad Garuda Asia. Meskipun Kaka mencetak total 7 gol selama Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Timnas Indonesia U-17 tidak berhasil lolos ke turnamen utama setelah mengalami kekalahan dari Malaysia.

Selain bermain untuk Timnas Indonesia U-16, Kaka juga mendapatkan kesempatan untuk bermain dalam skuad Timnas Indonesia U-20 yang berhadapan dengan Fiji dan Selandia Baru. Meskipun waktu bermainnya terbatas, hal ini menunjukkan bahwa potensi pemain muda ini diakui oleh pelatih-pelatih timnas Indonesia.

Baca Juga : Prabowo di Rakernas LDII Singgung soal Bangsa yang Kurang Menghargai Pemimpin Sendiri

Namun, sayangnya, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, tidak memasukkan nama Arkhan Kaka dalam skuad Piala Asia U-20 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu lebih memilih pemain-pemain muda lain seperti Hugo Samir, Muhammad Dzaky Asraf, Rabbani Tasnim Siddiq, dan Hokky Caraka.

Di gelaran Piala Dunia U-17 2023,  Arkhan Kaka berhasil mendapatkan tempat di skuad Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Pelatih Bima Sakti memasukkan Kaka bersama nama-nama penyerang muda lainnya seperti Muhammad Nabil Asyura dari PPLP Sumbar dan Muhammad Aulia Rahman dari Persita Tangerang. Piala Dunia U-17 2023 akan diselenggarakan di Indonesia, dan Timnas Indonesia U-17 tergabung dalam Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Pentas Piala Dunia U-17 2023 diharapkan menjadi momen besar dalam karier Arkhan Kaka. Sebagai tuan rumah, Indonesia berharap dapat meraih prestasi gemilang dalam turnamen ini, dan peran Kaka sebagai salah satu penyerang andalan akan menjadi kunci dalam mencapai tujuan tersebut. Semua mata tertuju pada aksi menjanjikan pemain muda Persis Solo ini dalam turnamen yang akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023.

Arkhan Kaka, dengan karier sepak bola yang telah mengesankan, telah menjadi inspirasi bagi banyak pemain muda di Indonesia. Potensi dan bakatnya yang luar biasa diharapkan dapat membawa harum nama Indonesia dalam ajang Piala Dunia U-17 2023 dan mungkin juga membukakan pintu untuknya berkarier di luar negeri, mengikuti jejak sukses para pemain Indonesia lainnya yang telah bermain di liga-liga internasional.

Kaka adalah bukti bahwa dengan kerja keras, tekad, dan bakat yang dimiliki, mimpi untuk meraih kesuksesan dalam sepak bola bukanlah hal yang mustahil. Dengan penampilan yang mengesankan, ia mungkin akan menjadi salah satu pemain yang akan membawa harum nama Indonesia dalam panggung sepak bola internasional di masa depan.


Topik

Olahraga Arkhan Kaka pemain bola piala dunia u 17 blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni