Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Stargazer: Ikan Berwajah Unik dan Beracun, tapi Miliki Daging Lezat

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

06 - Nov - 2023, 06:51

Placeholder
Ikan Stargazer. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Laut merupakan tempat yang sampai saat ini menjadi tempat paling banyak menyimpan rahasia di dalamnya. Laut akan selalu menyuguhkan kejutan yang luar biasa pada manusia dengan keunikan-keunikan yang ada di dalamnya. Salah satunya dengan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Pernahkah kamu mendengar soal ikan Stargazer?

Yap betul sekali, nama ikan tersebut adalah Stargazer. Ikan ini bertempat di dalam laut dan salah satu yang menakutkan. Dikutip dari akun Youtube @DuniaFaktaChannel, ikan ini salah satu famili dari Uranoscopidaedan termasuk ke dalam ikan perciform yang memiliki mata di atas kepala mereka.

Baca Juga : Fathur Rochman Mantan Pelari Nasional Berharap Banyuwangi Miliki Lapangan Atletik Sintetis

Di dalam laut, ikan yang satu ini bisa tergolong menyeramkan karena dari bentuknya pun sudah seperti monster. Maka, tak heran lagi orang-orang sering menyebutkan bahwa ikan ini termasuk ke dalam salah satu Ikan Berwujud Monster Penghuni Laut Dalam. 

Stargazer memiliki kepala yang besar dan pipih, dengan mulut lebar menghadap ke atas. Ikan stargazer berwarna coklat kusam dan tubuhnya bulat serta memanjang. Bagian atas tubuh lebih gelap dari pada bagian bawahnya. Ukuran ikan ini berkisar antara 18-25 cm.

Ikan yang satu ini lebih suka bersembunyi atau mengubur diri di tumpukan pasir. Namun, jika membutuhkan makanan, Stargazer akan melompat ke atas untuk menyergap musuhnya. Biasanya ikan Stargazer memakan ikan-ikan  kecil dan juga makhluk invertebrata laut lainnya. Oleh karena itu, ikan yang satu ini seperti malu-malu, tetapi mau juga.

Stargazer fish adalah makhluk beracun. Racun ikan ini ada pada dua duri besar yang terletak pada bagian belakang operater serta di atas sirip dadanya. Selain daya mangsanya yang luar biasa, Stargazer Fish juga masih memiliki senjata rahasia lain, yaitu sengatan listrik yang dapat dikeluarkan dari kepalanya.

Baca Juga : Viral, Pendaki Beri Makan Babi Hutan, Netizen: Jangan Kasih Makan Satwa Liar

Di dalam kepalanya Stargazer Fish, memiliki satu organ listrik khusus yang mampu menembakkan sengatan listrik untuk menyetrum mangsa serta menakuti para predatornya. Terdiri dari otot mata yang dimodifikasi.

Namun ikan ini cukup unik dibandingkan dengan ikan listrik lainnya karena ikan ini tidak memiliki electroreceptors yang khusus. Namun di balik semua itu, Stargazer memiliki kelebihan, yakni ikan ini ternyata lezat rasanya. Di samping itu, memang ikan ini terkandung racun. Namun, tidak usah khawatir akan racunnya karena racunnya itu tak dapat berfungsi pada saat dimakan. 


Topik

Serba Serbi ikan stargazer hewan laut apa stargazer



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana