Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dishub dan DLH Sudah Memulai Pembangunan Separator Jalan di Simpang 4 Rajabali

Penulis : Nurillah Syaharuddin - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Nov - 2023, 14:13

Placeholder
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang Widjaja Saleh Putra. (Foto: Siska Nur/Jatim Times)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memastikan akan membangun separator pada daerah Perempatan Rajabali yang berada di kawasan Kayutangan Heritage, Kota Malang. Pembangunan ini sudah mulai berjalan saat ini, yakni pada bulan November 2023.

Pembangunan separator jalan di Rajabali ini merupakan respon dari pihak Dishub terkait dengan masih banyaknya masyarakat pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas dan tidak mengikuti aturan jalur satu arah di Kayutangan Heritage. Selain itu para pengendara juga kerap kali masih menerobos jalan dan menyeberang sembarangan sehingga menimbulkan macet di kawasan jalan tersebut.

Baca Juga : Sering Mengagetkan Pengendara, Zebra Cross Raja Bali Akan Digeser

Pembangunan separator secara permanen ini juga merupakan bagian dari rekayasa lalu lintas dan rekomendasi dari Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kota Malang. Saat ini separator jalan Rajabali sendiri masih berupa besi dan water barrier. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra menyebutkan bahwa penggunaan separator jalan yang tidak permanen tersebut akan digantikan sebab masyarakat masih dengan mudah memindahkan separator jalan untuk menerobos jalan raya.

Separator jalan Rajabali yang akan terletak di tengah Jl. Basuki Rahmat, Kota Malang ini akan berupa taman kecil yang tidak hanya berfungsi sebagai pemisah jalan, tetapi juga menambah keindahan kawasan jalan di Kayutangan sehingga lebih indah dilihat oleh masyarakat pengguna jalan. 

“Untuk pembangunan separator jalan Rajabali ini sudah mulai dikerjakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan sudah mulai digali dan nantinya akan berbentuk taman,” ucap Kadishub pada Kamis (2/11/2023). 

Kadishub Kota Malang atau yang kerap disapa Jaya ini juga mengungkapkan bahwa pembangunan separator Rajabali ini berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang beberapa kali terjadi di kawasan jalan tersebut. Ia juga menyebutkan bahwa pembangunan ini cukup penting untuk mengurangi tingkat kemacetan di daerah jalan Kayutangan Heritage.

Baca Juga : Mengungkap Keajaiban Pantai Klayar Pacitan, Surga Tersembunyi di Selatan Jawa Timur

“Pembangunan separator jalan di Rajabali ini agar lebih indah dan untuk mewujudkan keselamatan berkendara,” ucap Jaya. PIhaknya mengharapkan dengan realisasi dibangunnya separator jalan Rajabali ini dapat menjadikan masyarakat lebih merasa aman dalam berkendara dan mengedepankan keselamatan. 

Jaya menyebutkan bahwa pembangunan ini akan segera diselesaikan pada akhir tahun ini oleh DLH dan Dishub. Meskipun separator jalan Rajabali ini nantinya telah selesai dibangun, masyarakat akan tetap dianjurkan untuk mematuhi aturan lalu lintas dan menjalankan etika dalam berkendara agar tidak kembali terjadi laka lintas.


Topik

Pemerintahan Kayutangan kayutangan heritage pemkot malang kota malang dishub rajabali separator



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurillah Syaharuddin

Editor

Sri Kurnia Mahiruni