Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pria Ini Rekam Kemarahan Ibunya Saat Banting Kursi dan Meja, Benarkah Akibat Skizofrenia?

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Sep - 2023, 10:25

Placeholder
Momen seorang ibu hendak membalik meja saat marah. (Foto: TikTok)

JATIMTIMES - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang pria yang merekam momen saat ibunya membanting kursi dan meja saat emosi. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @Gifaranita.

Akun TikTok Gifaranita merupakan akun milik pasangan suami istri bernama Gifar dan Anita. Sementara ibu yang membanting kursi hingga meja saat emosi adalah ibu Gifar.

Baca Juga : Badai Daniel, Lebih dari 5.100 Korban Tewas dan Ribuan Hilang Akibat Banjir Bandang Libya 

Dalam video yang dibagikan tampak Gifar tengah duduk di suatu ruangan. Kemudian ia merekam ibunya yang marah-marah sambil menarik hingga membalikkan meja.

"Udah, udah, udah, waduh lebar dong, hancur," ungkap Gifar.

Setelah meja, ibu Gifar juga tampak membanting kursi hingga melempar beberapa barang ke arah pintu.

"Udah nanti kena orang," ucap Gifar.

Gifar pun kala itu mengaku baru saja sampai rumah untuk menjenguk ibunya. Namun malah melihat ibunya sedang emosi.

"Kenapa gak saya stop ibu pas marah? Karena kalau ditahan saya kena cakar/ tonjok," tulis Gifar.

"Biasanya adik saya atau bapak yang suka beresin cuma kebetulan aja ada saya jadi saya yang berrsin," sambung Gifar.

Menurut Gifar, kejadian demikian terjadi setiap hari jika ibunya sedang berantem dengan bapak Gifar. 

"Ngga tau berantem soal hal apa, soal hal kecil, pokoknya langsung emosinya meledak aja. Dar gitu. Udah gak aneh sih. Tiap berantem. Nih rumah acak-acakan, makanya ngga ada yang tersisa disini," jelas Gifar.

Menurut dia, banyak orang bilang jika ibunya sakit skizofrenia, stres atau apapun itu. "Bodoh amat yang bilang spiritual, ada jin dan lainnya bodoh amat. Ya udah dicoba kemana-kemana juga tetap. Dibawa kemana-mana juga sama aja ya," tandas Gifar.

Di video lainnya, Gifar menyebut jika ibunya kena penyakit mental dan skizofrenia sejak 2010. Ia pun memperlihatkan rumah orang tuanya yang kosong. Termasuk juga kaca-kaca jendela pecah, ruang tamu tanpa kursi meja dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kebakaran Kios Mebel di Wajak Catat Kerugian Rp 1 Miliar, 3,5 Jam Api Baru Padam

"Kosong banget kan, gak ada apa-apa karena barang-barang disini udah ibu rusak-rusakin. Kadang dikasihin ke orang lain. Padahal dulu sebelum sakit, disini tuh full perabotan banyak banget. Beberapa gagang pintu hingga tutup lemari pun jebol saat ibu ngamuk," tulis Gifar.

Sontak unggahan Gifar pun menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang mempertanyakan soal penyakit skizofrenia.

"Teenyata banyak yang mengidap skizofrenia dan aku ngalamin dari dulu," @khaii*****.

"Rasanya sakit kalau seorang iby mengidap skizofrenia. Dimana kita harus sabar dan tahan segala semua rasa emosi," @Lu***.

"Kalau memang didiagnosis skizofrenia udah ga bisa sembuh total bang, bakal tetap begitu, tapi diusahajan sama psikiaternya buat ga terlalu parah," @shut**.

Berdasarkan laman Alodokter, Skizofrenia adalah gangguan mental berat yang dapat memengaruhi tingkah laku, emosi, dan komunikasi. Penderita skizofrenia bisa mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku.

Berdasarkan data dari WHO, ada lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia menderita skizofrenia. Sementara menurut penelitian Kementerian Kesehatan RI tahun 2019, diperkirakan ada 450.000 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berat di Indonesia, termasuk skizofrenia.

Perlu diketahui bahwa penderita skizofrenia berisiko 2–3 kali lebih tinggi mengalami kematian pada usia muda. Hal ini karena skizofrenia umumnya disertai penyakit lain, seperti penyakit jantung, diabetes, atau infeksi. Selain itu, penderita skizofrenia juga rentan melakukan percobaan bunuh diri.


Topik

Peristiwa Gifaranita video viral gejala skizofrenia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri