Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Penguatan Internasionalisasi Kampus, UIN Malang Teken MoU dengan Valaya University Thailand

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

13 - Sep - 2023, 15:01

Wakil Rektor UIN Malang, Prof Dr Umi Sumbulah MAg dan Rektor Valaya, Assoc Prof Dr Sonbat Kohchasit melakukan  penandatanganan MoU (UIN Malang)
Wakil Rektor UIN Malang, Prof Dr Umi Sumbulah MAg dan Rektor Valaya, Assoc Prof Dr Sonbat Kohchasit melakukan penandatanganan MoU (UIN Malang)

JATIMTIMES - Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Prof Dr Umi Sumbulah MAg, menginisiasi program Internasionalisasi Akademik melalui Forum Grup Discussion dengan Valaya University Thailand, (12/9/2023). Hal ini menjadi salah satu inovasi akademik atau gebrakan dalam upaya menguatkan internasionalisasi kampus.

Di samping melakukan FGD, dilakukan pula penandatangan MoU antara kedua belah pihak dalam rangka untuk merealisasikan jalinan kerjasama yang telah dibangun. 

Baca Juga : Apresiasi Tokoh pada Polri yang Telah Bongkar Jaringan Narkoba Fredy Pratama

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang sekaligus mewakili Rektor UIN Malang, Prof Dr Umi Sumbulah MAg dan Rektor Valaya, Assoc Prof Dr Sonbat Kohchasit dan disaksikan oleh jajaran Universitas Valaya maupun rombongan dari UIN Malang yang terdiri dari wakil dekan akademik dari beberapa fakultas.

1

Dalam kesempatan lawatan ke Thailand ini, Prof Umi Sumbulah juga sekaligus menawarkan beberapa program unggulan, diantaranya Double Deggre, Intenship Internasional, Student and Lecturer Exchange, SEA Teacher dan beberapa unggulan lainnya.

Presiden Valaya University, Prof Dr Sombat Kotchasit menyampaikan, bahwa pihaknya begitu antusias untuk segera memulai program dengan UIN Malang. Tentu program yang berjalan nantinya diharapkan dapat berkelanjutan dan semakin membuka lebar kesempatan untuk bertukar ilmu pengetahuan, budaya maupun pengalaman dari kedua universitas.

"Kami berharap hal ini tidak hanya menjadi bentuk kolaborasi yang kuat dalam bidang akademik, tetapi juga menginspirasi pertukaran pemikiran dan gagasan yang akan memperkaya pengalaman akademik di kedua universitas. Tentu itu akan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan staf kami, serta menjadi tonggak penting dalam mengembangkan pendidikan tinggi di wilayah ini." Kata Presiden Valaya University, Prof Dr Sombat Kotchasit.

Dalam kesempatan ini, juga dibahas peluang untuk pertukaran mahasiswa dalam rentang selama sebulan dan juga program pertukaran dosen yang dapat terjalin antara kedua Universitas. "Kami berkomitmen untuk menjalankan kerjasama ini dengan penuh semangat dan kesuksesan," katanya.

2

Setelah penandatanganan MoU, selanjutnya dilakukan kunjungan ke Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Humaniora Universitas Valaya. 

Kunjungan dimulai dari Fakultas Sains. Dalam kunjungan ini, mereka ditemani oleh Dekan Fakultas Sains dan sejumlah dosen ahli. Di Fakultas Sains, delegasi UIN Malang dapat melihat fasilitas laboratorium yang canggih dan beragam program studi yang terkait dengan sains dan teknologi.
Mereka berinteraksi dengan dosen-dosen yang ahli di bidangnya dan memahami lebih dalam tentang pendekatan pengajaran dan riset di fakultas ini.

Diskusi tentang peluang kerjasama dalam penelitian bersama, program pertukaran mahasiswa, dan pelatihan dosen pun menjadi bagian penting dari kunjungan ini.

Baca Juga : Perkembangan Harga Emas Antam 13 Hari Terakhir, Begini Kondisinya 

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke Fakultas Pendidikan, kali ini ditemani oleh Dekan Fakultas Pendidikan dan beberapa dosen terkemuka. Di fakultas ini, delegasi UIN Malang melakukan diskusi tentang program SEA Teacher dimana mahasiswa FITK dapat melaksanakan praktik pembelajaran yang melibatkan langsung sekolah laboratorium Valaya University. 

Disamping itu, diskusi dilanjutkan dengan wawasan tentang metode pengajaran berbasis digital dan kurikulum pendidikan tinggi Internasional  berbasis dunia industry dan usaha. Diskusi berlanjt tentang tentang inovasi dalam bidang pendidikan, pemahaman tentang pengembangan kurikulum, dan peluang penyelenggaraan program-program pendidikan yang lebih baik.

Terakhir, delegasi UIN Malang mengunjungi Fakultas Humaniora bersama-sama dengan Dekan Fakultas Humaniora dan sejumlah dosen yang ahli di bidang sastra, seni, dan bahasa. Di fakultas ini, mereka dapat melihat berbagai program studi yang berkaitan dengan ilmu humaniora. Diskusi tentang pentingnya memahami budaya dan bahasa asing dalam konteks global, serta peluang pertukaran mahasiswa di bidang humaniora, menjadi topik yang dibahas.

Kunjungan ke ketiga fakultas ini memberikan delegasi UIN Malang pemahaman yang lebih mendalam tentang pendekatan akademik yang beragam di Valaya University, sekaligus memungkinkan mereka menjajaki berbagai peluang kerjasama yang dapat dijalin antara kedua universitas.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang prof umi sumbulah kampus uin


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya