Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jaga Kestabilan Harga Pangan,Bupati Kediri Terjunkan Satgas Pangan

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

12 - Sep - 2023, 20:16

Placeholder
Satgas pangan saat melakukan operasi pasar.

JATIMTIMES - Menindaklanjuti kenaikan harga beberapa bahan pokok, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Satgas Pangan melaksanakan operasi pasar, Selasa (12/3/2023). Satgas pangan yang dipimpin Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) bersama DPMPTSP, Dinas Kesehatan, Perekonomian, Bagian Hukum serta mengajak Pimpinan Bulog Kediri menyasar ke tiga lokasi di Kecamatan Pare. Tiga Lokasi tersebut adalah Pasar Pamenang Pare, Super Top Swalayan dan yang terakhir pasar Induk Pare.

Di setiap lokasi yang dikunjungi, para petugas mencatat harga dan ketersedian bahan pokok cukup untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Jika terdapat bahan pokok yang harganya melebihi harga pasaran para petugas segera menindaknya.

Baca Juga : Tuntaskan Penyaluran Bansos Triwulan Tiga, 1.936 KPM Kota Kediri Terima Penyaluran Bansos Sembako Susulan

Wakil Pimpinan Bulog cabang Kediri Estu Rahmatingtyas menjelaskan, bahwa harga bahan pokok utamanya beras telah mengalami kenaikan sejak beberapa bulan yang lalu, dan kami sudah melaksanakan operasi pasar untuk memastikan bahwa harga beras di pasaran tetap terkontrol dan ketersediaan cukup untuk masyarakat.

"Untuk saat ini harga di pasaran untuk komoditi beras per kilonya mencapai Rp12,5 ribu dan untuk kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp52 ribu," jelasnya.

"Untuk masyarakat tidak perlu panik, karena kami akan secara berkelanjutan melaksanakan operasi pasar guna kestabilan harga. Selain itu kami juga melakukan droping beras kepada masyarakat," pesannya.

"Untuk harga beras yang kita drop ke kios-kios yang telah ditunjuk harganya Rp10 ribu," pungkasnya.

Kepala DKPP Kabupaten Kediri melalui Kepala Bidang ketersediaan, Distribusi dan Kerawanan Pangan, Arba'i mengatakan, kenaikan harga beras di masyarakat akhir akhir ini langsung menjadi perhatian Mas Bupati Hanindhito Himawan Pramana menerjunkan satgas pangan untuk melaksanakan operasi pasar.

"Untuk satgas pangan sendiri memiliki tugas memantau perkembangan harga yang berada di masyarakat. Di samping harga, kami juga memastikan stok yang diperlukan oleh masyarakat itu cukup", jelasnya.

"Saat ini dengan jumlah penduduk di Kabupaten Kediri berjumlah 1,6 juta penduduk diperlukan beras kurang lebih 10 ribu ton per bulan," terangnya.

Baca Juga : Harga Beras di Tulungagung Terus Melambung

Arbai menambahkan, pada periode awal September ini stok ada di angka 18 ribu Ton, sebenarnya stok kita cukup dan saya harapkan masyarakat untuk tidak panik dalam pembeliannya.

"Untuk kegiatan Satgas pangan pada bulan ini ada 2 kegiatan, yaitu pemantauan harga yang kita lakukan seminggu sekali setiap hari Selasa dan operasi pasar juga seminggu sekali pada hari Kamis", ungkapnya.

"Dengan kegiatan ini diharapan harga beras yang mengalami kenaikan harga bisa melandai," harapnya.

Berkat Bupati Kediri dari Badan Pangan Nasional juga akan meluncurkan bantuan langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk jumlahnya sekitar 123.817 KPM akan menerima beras seberat 10 kg dan akan tereliasasi pada bulan September, Oktober dan November.

"Di samping itu juga untuk mengatasi stunting, Pemerintah juga akan memberikan bantuan berupa daging dan telur kepada keluarga rawan stunting, sehingga program Mas Bupati Hanindhito Himawan Pramana satu digit stunting dapat segera tercapai", pungkasnya.(adv)


Topik

Pemerintahan satgas pangan bupati kediri pemkab kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana