Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kebakaran Gunung Arjuno, Seluruh Pendakian dan Wisata Tahura Raden Soerjo Ditutup

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

05 - Sep - 2023, 18:13

Placeholder
Kondisi Gunung Arjuno. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Tempat wisata alam dan pendakian di kawasan Tahura Raden Soerjo terpaksa ditutup sementara. Ditutupnya seluruh kawasan wisata alam ini setelag kebakaran hutan Gunung Arjuno meluas. Terutama di kawasan Tahura Raden Soerjo sejak 26 Agustus 2023 hingga saat ini Selasa (5/9/2023).

Hal tersebut diinformasikan melalui akun media sosial Instagram @tahuraradensoerjo.official. Wisata alam yang ditutup sementara itu termasuk pendakian Gunung Arjuno-Welirang. Juga termasuk Gunung Pundak, Bukit Watu Jengger, Bukit Semar, Bukit Cendono dan Pemandian Air Panas Cangar.

Baca Juga : Janda yang Digedor Kamarnya Saat Setengah Bugil, Mengadu ke BK DPRD Tulungagung

Ditutup sementaranya wisata alam itu sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Untuk reschedule pendakian juga sudah diinformasikan melalui website booking.

“Itu abu-abu dari kebakaran sudah sampai masuk ke Cangar juga. Jadi membahayakan pengunjung, dan sebagai antisipasi kami lakukan penutupan,” ungkap Kasi Perencanaan Pengembangan dan Pemanfaatan UPT Tahura Raden Soerjo, Sadrah Devi.

Ditutupnya tempat wisata alam itu selain membahayakan pengunjung, juga tim yang kini tengah berupaya untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan. Sebab pemadaman dilakukan secara manual oleh tim gabungan ditambah dengan water bombing.

“Kami tutup karena semua tim dikerahkan untuk melakukan pemadaman kebakaran di Gunung Arjuno. Sejauh ini api sudah meluas lebih dari 3.500 hektare,” imbuh Devi, Selasa (5/9/2023).

Diketahui pemadaman Gunung Arjuno dilakukan dengan water bombing di 149 titik. Saat ini pemadaman difokuskan di wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga : 12 Pengedar Narkoba Beraksi di Tuban, 3 Orang Tercatat Residivis

Kebakaran terjadi pada Sabtu 26 Agustus 2023 di kawasan Bukit Budug Asu, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Api merembet ke wilayah Kabupaten Pasuruan pada Minggu 27 Agustus 2023, yang meluas hingga ke sisi wilayah Kota Batu pada 1 September 2023.

Vegetasi yang terbakar berupa cemara gunung, ilalang dan semak belukar. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Dampak akibat kebakaran yakni ekosistem dan keanekaragaman hayati di wilayah Gunung Arjuno yang terancam.


Topik

Peristiwa Gunung Arjuno daftar pendakian kebakaran hutan Tahura Raden Soerjo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri