Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Rektor UIN Malang Tutup RTM, Rumuskan 6 Rekomendasi Strategis

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

05 - Sep - 2023, 17:30

Placeholder
Rektor UIN Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA (tengah) resmi menutup Rapat Tinjauan Manajemen. (Foto UIN Malang )

JATIMTIMES - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA, resmi menutup Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), Selasa, (5/9/2023). Dari RTM, Rektor menyampaikan terdapat enam rekomendasi penting.

Hasil rekomendasi ini, tentunya untuk semakin memantapkan dan menguatkan berbagai upaya untuk mewujudkan visi UIN Malang sebagai Kampus Unggul Bereputasi Internasional.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi, 19 Kepala Madrasah di Malang Ikuti Madrasah Reform

Enam rekomendasi tersebut, pertama, melakukan tindak lanjut hasil audit mutu internal melalui kegiatan yang bertujuan memenuhi persyaratan akreditasi unggul dan akreditasi internasional.

Kedua, meningkatkan layanan akademik dan non-akademik untuk menjamin kepuasan warga kampus dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Ketiga, melakukan peningkatan kinerja layanan dan kesesuaian luaran yang mengacu pada pemenuhan target indikator kinerja utama yang ditetapkan oleh pimpinan.

Keempat, mengendalikan pelaksanaan pemeringkatan universitas versi Unirank, Webometric, UI Greenmetrics, dan QS WUR secara melembaga dan sistematis untuk meningkatkan pengakuan internasional. 

Kelima, menindaklanjuti regulasi baru tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi dan persyaratan alih status dari PK-BLU menjadi PTKN-BH dengan mengalokasikan sumberdaya yang cukup dan berkualitas. 

Dan yang keenam, memberikan jaminan hasil rekomendasi rapat tinjauan manajemen dapat dilaksanakan secara terencana dan terdokumentasi.

Rektor berpesan hasil rekomendasi RTM ini harus benar-benar diimplementasikan oleh seluruh jajaran. Pihaknya tak mau, jika hasil rekomendasi RTM ini hanya sebatas dokumentasi semata.

"Saya tegaskan, jangan sampai hasil RTM ini hanya sebatas penetapan dokumentasi saja. Akan tetapi, harus ada tindak lanjut yang nyata dari semua pimpinan di UIN Maliki Malang," tegasnya.

Baca Juga : Gelar Perkara Laporan Model B Tragedi Kanjuruhan, Polda Jatim Dilibatkan

Untuk itu, Prof Zain, sapaan akrabnya meminta agar dalam tindak lanjutnya semua pihak turut mengawal. Sehingga, dalam perencanaan di tahun 2023 ini, apa yang telah direncanakan dapat tercapai dan sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah disepakati bersama. 

Tindak lanjut ini menjadi penting agar apa yang sudah direncanakan di tahun 2023 ini bisa mencapai indikator kinerja utama (IKU) yang sudah disepakati bersama pada rapat pimpinan sebelumnya. 

"Sekali lagi, saya mengimbau kepada semua dekan, kaprodi dan ketua lembaga ataupun UPT di lingkungan UIN Maliki Malang untuk bersama-sama mengawal hasil RTM ini," tegasnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada semua peserta atas kehadiran dalam RTM, sampai akhirnya dapat memunculkan rekomendasi strategis dalam upaya untuk membawa UIN Malang sebagai Kampus Unggul Bereputasi Internasional.

"Semoga apa yang kita lakukan selama dua hari ini memberikan manfaat dan bisa membawa UIN Maliki Malang menjadi kampus unggul bereputasi internasional," tutupnya.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang UIN Malang Prof Zainuddin RTM kampus unggul



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri