Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Polres Sampang Gelar Operasi Zebra Semeru 2023

Penulis : Abd Syukur - Editor : Dede Nana

04 - Sep - 2023, 11:43

Kapolres Sampang Ajun Komisaris Besar Polisi Siswantoro S.IK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru tahun 2023
Kapolres Sampang Ajun Komisaris Besar Polisi Siswantoro S.IK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru tahun 2023

JATIMTIMES – Kapolres Sampang Ajun Komisaris Besar Polisi Siswantoro memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru 2023 di lapangan Wira Manunggal Wicaksana Mapolres Sampang, Senin (4/9/2023).

Wakapolres Sampang Kompol Jalaludin serta para Kabag Polres Sampang tampak duduk di kursi undangan bersama Kasdim 0828 Sampang Mayor Inf Ahmad Djailani, Putut TC dan Khotibul Umam dari perwakilan Pemkab Sampang.

Baca Juga : Kisah Panembahan Senopati, Diangkat Joko Tingkir hingga Mendirikan Mataram Islam

Dalam apel gelar pasukan tersebut AKBP Siswantoro membacakan sambutan dari Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Toni Harmanto di hadapan ratusan personel gabungan dari Kodim 0828 Sampang, Polres Sampang, Satpol PP, Dishub dan BPBD Kabupaten Sampang.

Irjen Polisi Toni Harmanto dalam sambutannya menjelaskan bahwa dari data Ditlantas Polda Jatim pada periode Januari sampai Agustus 2023 angka kecelakaan dibandingkan pada periode yang sama tahun 2022 meningkat 70.12 % dengan korban meninggal dunia sebanyak 965 jiwa (naik 38,25 %).

Untuk jumlah pelanggaran lalu lintas, Ditlantas Polda Jatim mencatat kenaikan yang sangat tajam sebanyak 1.254 % dengan bukti pelanggaran (tilang) sebanyak 308,181 kasus (turun 52 %).

Irjen Polisi Toni Harmanto juga menerangkan bahwa saat ini sudah mulai masuk pada tahapan inti pemilu serentak 2024. Salah satu kerawanan dalam bidang lalu lintas adalah adanya kecelakaan akibat meningkatnya aktivitas masyarakat.

Kecelakaan lalu lintas saat kampanye sering kali terjadi karena kurangnya kesadaran diri berlalu lintas dan berkendara bermotor dari peserta kampanye dimana mereka hanya memikirkan euforia semata tanpa memikirkan keselamatan diri mereka serta orang lain yang menggunakan jalan raya lainnya.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro yang diwakili Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto saat memeriksa kendaraan dinas menyampaikan bahwa apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru 2023 yang dilaksanakan Polda Jatim dan Polres jajarannya guna cipta kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024.

Sujianto menjelaskan kepada awak media dalam Operasi Zebra Semeru 2023 mengambil tema Kamseltibcar Lantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024 di Polres Sampang melibatkan 45 personel dengan perbantuan stakeholder terkait.

Baca Juga : Sebanyak 3.875 KPM di Kota Kediri Terima Bansos Sembako Triwulan Ke-3

Dengan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023 selama 14 hari mulai 4 sampai dengan 17 September 2023 diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran berlalu lintas untuk menghadapi rangkaian tahapan inti Pemilu sehingga berjalan aman lancar dan kondusif.

Lebih lanjut Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto menjelaskan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Semeru di fokuskan di lokasi-lokasi rawan kecelakaan (Black Spot), rawan kemacetan (Trouble Spot) dan rawan pelanggaran dengan didukung kegiatan preemtif guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kesadaran berlalu lintas.

Selain kegiatan preemtif dan preventif, Operasi Zebra Semeru 2023 di Polres Sampang juga akan melakukan penegakan hukum lalu lintas secara elektronik menggunakan ETLE statis dan mobile terhadap 7 pelanggaran prioritas yaitu berboncengan lebih dari satu orang, melebihi batas kecepatan dan melawan arus, pengendara ranmor yang masih bawa umur, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standart (SNI), pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang menggunakan HP saat berkendara dan pengemudi ranmor dalam pengaruh alkohol.

Sujianto berharap masyarakat untuk disiplin dan bijak dalam berlalu lintas, selalu mematuhi rambu lalu lintas dan tidak lagi melakukan pelanggaran agar tercipta Kamseltibcar Lantas di Kabupaten Sampang menjelang Pemilu 2024.


Topik

Pemerintahan polres sampang operasi zebra semeru pemilu 2024


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abd Syukur

Editor

Dede Nana