Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Terus Kembangkan Kurikulum Kelas Internasional, Begini Upaya Tim Peneliti UIN Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - May - 2023, 15:22

Placeholder
Tim peneliti UIN Maliki Malang yang melakukan penelitian untuk pengembangan kurikulum kelas internasional dengan Ketua Prof Dr H Wahidmurni, MPd Ak sebagai ketua tim dengan anggota Faridatun Nikmah MPd, Harir Mubarok MPd, dan Imdad Rabbani MPdI (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Maliki Malang, terus berupaya dalam melakukan pengembangan kurikulum kelas internasional. Salah satu upaya adalah dengan menerjunkan tim penelitian UIN Maliki Malang ke University Malaya di Malaysia.

Kunjungan penelitian ini menjadi langkah konkret dalam upaya UIN Maliki Malang terus melangkah maju dalam pengembangan kualitas pendidikan dan reputasi internasionalnya.

Baca Juga : Heboh, Pria Mengaku Suami Ibu Ida Dayak Lakukan Pengobatan di Pasar Mimbaan Situbondo

Tim peneliti UIN Maliki Malang yang melakukan penelitian untuk pengembangan kurikulum kelas internasional itu adalah Prof Dr H Wahidmurni, MPd Ak sebagai ketua tim dengan anggota Faridatun Nikmah MPd, Harir Mubarok MPd, dan Imdad Rabbani MPdI. 

Tim peneliti tersebut berkomitmen mengembangkan model pengembangan kurikulum kelas internasional berdasarkan praktik terbaik dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Universiti Malaya Malaysia.

Dalam rentang waktu kunjungan mereka, tim peneliti bertemu dengan Prof Dr Mohd Roslan Mohd Nor, Ketua Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam di Universiti Malaya. Dalam pertemuan ini, tim peneliti aktif bertanya dan berdiskusi mengenai pengembangan kurikulum yang telah dilakukan di Universiti Malaya.

Dalam lawatan ke Malaysia itu, tim peneliti mengunjungi   kantor divisi pengayaan dan mobilitas global, di mana mereka bertemu dengan Sanjeev Raj Gopal dan Muhammad Ridzwan, dua staf yang bertanggung jawab dalam hal pelaksanaan kegiatan mahasiswa di Universiti Malaya. 

1

Dalam pertemuan ini, tim peneliti mendiskusikan empat program yang telah dilaksanakan, yaitu program outbound, program inbound, program long/short term, dan program mobility attachment. Informasi yang diperoleh dari pertemuan ini menjadi salah satu jawaban dari rumusan masalah dalam penelitian mereka.

Baca Juga : Geopark Ijen Resmi Disahkan Sebagai UNESCO Global Geopark

Selain itu, juga dilakukan diskusi dengan perwakilan mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studi di University Malaya. Tim menggali terkait pengalaman para mahasiswa selama menempuh studi di kampus tersebut. Dari hasil diskusi, tim mendapatkan poin yang juga mendukung dalam penelitian yang dilakukan.

Penelitian yang dilakukan tim peneliti UIN Maliki Malang ini, dilakukan mulai tanggal 22 hingga 25 Mei 2023. Pihaknya berharap, pengalaman maupun temuan data yang diperoleh dari kunjungan ini, dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum kelas internasional di UIN Maliki Malang dan semakin mendorong posisi UIN Maliki Malang mampu lebih baik lagi di kancah internasional.

"Kami berharap bahwa pengalaman kunjungan penelitian ini akan memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi civitas akademik, terutama bagi UIN Malang dalam upaya mereka menuju menjadi kampus unggul dengan reputasi internasional," ungkapnya.


Topik

Pendidikan uin malang akreditasi uin maliki akreditasi internasional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni