Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Erick Thohir: Kita Harus Menerima Keputusan FIFA 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

30 - Mar - 2023, 07:38

Placeholder
Ketum PSSI Erick Thohir berjabat tangan dengan Pemain Timnas Indonesia U-20 (foto: Instagram Erick Thohir)

JATIMTIMES - Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengaku telah berjuang semaksimal mungkin agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tetap di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan usai bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023). 

Menurut Erick Thohir, sebagai salah satu anggotanya, Indonesia juga harus tunduk pada kewenangan dan keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai host di ajang sepakbola nomor dua bergengsi di dunia itu. 

Baca Juga : Siap-siap! Inilah Potensi Sanksi yang Diterima Indonesia Usai Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick Thohir, mengutip laman resmi PSSI. 

Keputusan yang diberikan FIFA itu, kata Erick Thohir tidak bisa ditolak lagi. Sebab seperti diketahui, FIFA sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia dengan 211 anggota dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

"Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepakbola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan," jelas Erick. 

"Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pecinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," imbuh Erick.

Meski begitu, Erick meminta agar masyarakat Indonesia mengambil hikmah dari prahara berat bagi sepakbola tanah air ini. 

Baca Juga : FIFA Resmi Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, Siapa Tuan Rumah Baru?

"Kita harus tegar. Saya minta semua pecinta sepakbola tetap berkepala tegak atas keputusan berat FIFA ini. Sebab saya berpendirian, karena itu, ini saatnya kita harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola, menuju sepak bola bersih dan berprestasi," tutup Erick Thohir.

Sebelumnya, FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hasil itu disampaikan usai Presiden FIFA Gianni Infantino melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023). 

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, dengan mempertimbangkan situasi terkini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," demikian pernyataan FIFA melalui laman resminya. 


Topik

Olahraga Fifa piala dunia u 20 timnas israel palestina hokky caraka timnas indonesiaerick tohir



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni