Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Lakukan Operasi Pasar, Pj Wali Kota Batu Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Aman dan Stabil

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Mar - 2023, 20:29

Placeholder
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat melakukan operasi pasar ke Pasar Relokasi Stadion Brantas, Rabu (22/3/2023). (Foto: Dok. Prokopim Setda Pemkot Batu)

JATIMTIMES - Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai bersama jajaran Forkopimda Kota Batu melakukan operasi pasar ke Pasar Relokasi Stadion Brantas untuk melakukan pemantauan harga dan stok kebutuhan bahan pokok. 

"Kami melaksanakan operasi pasar karena menjelang Ramadan untuk memastikan harga kebutuhan pokok aman dan terkendali, serta daya beli masyarakat tetap terjaga," ungkap Pj Waki Kota Batu Aries Agung Paewai, Rabu (22/3/2023). 

Baca Juga : Selama Ramadan, Polres Malang Imbau Warga Tidak Lakukan Sahur On The Road

Aries menyampaikan, dari hasil kegiatan operasi pasar, ditemukan bahwa rata-rata untuk harga kebutuhan bahan pokok di Kota Batu dalam kondisi yang stabil dan stok masih aman memasuki Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah tahun 2023 ini. 

"Alhamdulillaah rata-rata harga stabil, tidak ada kenaikan yang signifikan, kecuali cabai," ujar Aries. 

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini menuturkan, bahwa di tengah kondisi memasuki Bulan Suci Ramadan ini, yang paling terpenting yakni menjaga stok kebutuhan bahan pokok tetap aman. 

"Yang paling penting adalah menjaga stok barang agar tetap aman, karena kalau stok aman, maka harga akan terkendali dan stabil," tutur Aries.  

Dalam pemantauan harga kebutuhan pokok tersebut, pihaknya membeberkan sejumlah kebutuhan pokok yang masih dalam kondisi stabil dan tidak terdapat kenaikan harga yang signifikan. 

Baca Juga : Kampoeng Kajoetangan Heritage Raih Penghargaan ADWI 2023, Wali Kota Malang: Ini Warisan Malang Raya

Di antaranya, daging sapi dengan harga di kisaran Rp 115 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram; daging ayam di kisaran Rp 33 ribu per kilogram; bawang merah kualitas super mengalami kenaikan, dari harga Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 34 ribu per kilogram; telur ayam di kisaran Rp 28 ribu per kilogram; serta minyak goreng kemasan di kisaran Rp 21.900 per liter. 

Pihaknya menuturkan, bahwa kegiatan operasi pasar merupakan kegiatan rutin dari jajaran Forkopimda Kota Batu untuk melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok secara langsung yang bertujuan untuk pengendalian inflasi di Kota Batu. 

Sebagai informasi, hadir dalam kegiatan rutin operasi pasar di Pasar Relokasi Stadion Brantas yakni Kepala Bank Indonesia Perwakilan Malang Samsun Hadi, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Taufik Hidayat, Kepala BPS Kota Batu Tomas Wunang, Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Efisiensi, perwakilan Polres Batu, Kejaksaan Negeri Batu, serta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu. 


Topik

Pemerintahan Kota Batu pemkot batu operasi pasar ramadan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni