Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kampung Heritage Kajoetangan Raih ADWI 2023, Kepala Disporapar: Salah Satu Indikator Keberhasilan Pemkot Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Mar - 2023, 20:16

Placeholder
Kawasan Kampung Heritage Kayutangan (doc MalangTIMES)

JATIMTIMES - Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 telah mencapai tahap akhir pengumuman 75 Desa Wisata Terbaik. Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan, Kota Malang menjadi salah satu desa wisata di Jawa Timur yang terpilih menjadi desa wisata terbaik.

Hal itu diumumkan langsung oleh Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno secara online melalui Instagram @kemenparekraf.ri pada Selasa (21/3/2023). 

Baca Juga : Hilal di Bukit Banyuurip Tuban Tertutup Awan, Awal Ramadan 2023 Besok

Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan, Kota Malang berhasil mengalahkan kampung-kampung tematik atau kampung wisata lainnya. Dari kurang lebih 4900 kampung tematik atau kampung wisata di seluruh Indonesia, terkurasi menjadi 500 besar sampai 75 besar nasional, dimana Kampung Heritage Kajoetangan jadi salah satu yang masuk di dalamnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi SPd SE MSi, menyampaikan jika hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi Kota Malang. 

1

Selain itu, capaian ini juga menjadi salah satu indikator dari keberhasilan pemerintah Kota Malang dalam melakukan penataan kota hingga optimalisasi potensi yang ada menjadi sebuah wisata kampung tematik. 

"Ini kolaborasi dan kerjasama semua pihak, baik Wali Kota, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, masyarakat Kota Malang, terutama para pelaku usaha, wisata di Kayutangan," jelasnya, Rabu (22/3/2023).

Kedepan, berbagai inovasi untuk semakin memajukan Kota Malang maupun masyarakatnya akan terus dilakukan. Terlebih, Pemkot Malang memiliki komitmen yang sangat tinggi mengembangkan dan membangun kampung-kampung wisata tematik, terutama yang menjadi icon agar dapat lebih baik lagi.

"Kayutangan sudah menjadi 75 besar ADWI 2023, ini menjadi perhatian khusus dalam meningkatkan dan menyempurnakan sarana prasarana yang ada, termasuk di dalam kampung agar semakin menarik wisatawan untuk berkunjung," jelasnya.

Dalam hal peningkatan sarana dan prasarana, tentunya tidak hanya pada Kayutangan Heritage saja, melainkan juga akan diintegrasikan dengan wilayah sekitarnya. Sarana dan prasarana yang dikembangkan direncanakan akan terintegrasi ke wilayah Semeru, kawasan alun-alun bahkan hingga ke kawasan Pecinan.

"Dengan terintegrasi, wisata Kota Malang tentunya akan semakin menarik lagi," katanya.

Baca Juga : Hasil Sidang Isbat Pemerintah: 1 Ramadan 1444 H Jatuh Kamis 23 Maret

Bukan hanya sarana atau prasarana yang ada di Kampung Kayutangan Heritage saja yang akan menjadi perhatian, namun dari sisi Sumberdaya Manusia (SDM) juga akan menjadi perhatian dari Pemkot Malang untuk terus ditingkatkan. Sebab, kemajuan SDM yang ada juga menjadi salah satu faktor penting dalam manajemen yang baik dalam pengelolaan Kayutangan Heritage.

Kegiatan pelatihan atau Bimbingan Teknis (Bimtek) akan semakin digencarkan, utamanya terkait bagaimana melayani para wisatawan yang datang, sekaligus mendorong dalam promosi Kayutangan Heritage dengan menyelenggarakan event-event yang menarik perhatian pengunjung.

2

"Event-event nantinya juga akan kita gelar untuk semakin meramaikan, apalagi Mei juga HUT Kota Malang. Jadi anti event bukan hanya di koridor Kayutangan Heritage saja. Namun juga kita gelar di dalam kampungnya," jelasnya.

Sementara itu, dijelaskan Baihaqi, untuk penilaian Kampung Heritage Kajoetangan, dilakukan pihak kementerian sekitar dua bulan lalu. Mengenai reward dari pemerintah provinsi ataupun pemerintah pusat, pihaknya masih belum mendapatkan informasi resmi. 

"Tapi informasi yang saya dengar, 75 besar kampung atau Desa wisata terbaik nanti akan dikunjungi oleh Menteri Parekraf. Dengan kunjungan ini Tentunya juga akan menjadi daya tarik tersendiri," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Kampung Heritage kayutangan heritage kota malang pemkot malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni