Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Hilal di Bukit Banyuurip Tuban Tertutup Awan, Awal Ramadan 2023 Besok

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Mar - 2023, 19:50

Placeholder
Rukyatul hilal di bukit Banyuurip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban (22/3/2023). (Ahmad Istihar/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) Tuban melaksanakan Rukyatul Hilal dalam penentuan awal bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M di lokasi Bukit Menara Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Rabu (223/2020)

Kepada awak media, Kantor Kemenag Tuban sebagai leading sektoral pelaksanaan Rukyatul Hilal melalui Ketua BHR Tuban, Mashari menjelaskan bahwa, pelaksanaan sore ini dilakukan serentak di 124 titik lokasi wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Baca Juga : Hasil Sidang Isbat Pemerintah: 1 Ramadan 1444 H Jatuh Kamis 23 Maret

"Alhamdulillah, meski hilal tak terlihat di Bukit Banyuurip Tuban, di tempat lain, Tanjung Kodok Lamongan dan Condromuko Gresik hilal terlihat," jelasnya.

Di tempat sama, Kepala Kemenag Tuban Munir mengatakan bahwa, meski di Tuban tak dapat dilihat. Dia memastikan umat Islam akan melaksanakan ibadah bulan Ramadan mulai Kamis besok (23/3/2023).

"Meski menunggu hasil sidang istbat (penetapan) pemerintah melalui Menteri Agama RI yang digelar malam ini, kami pastikan besok awal bulan Ramadan," tuturnya.

Menurutnya, hasil rukyat di Bukit Banyuurip ini akan diteruskan langsung ke Kakanwil Jatim, kemudian hasilnya diteruskan ke Kementerian Agama RI yang akan sidang isbath setelah waktu magrib.

Baca Juga : Hilal Setinggi 7,50 Derajat Tampak di Lamongan

Diketahui dari penyampaian hasil hisab sya'ban berdasar sistem Ephemeris oleh BHR Tuban konjungsi akhir pada hari Rabu pukul 00.25: 32 Wib.sl Sedangkan perhitungan Rukyat mulai pukul 17.45: 06 Wib dengan Hisab tinggi hakiki 08°05'06.93. ketinggian hilal sudah sampai 7 derajat.

"Hilal terlihat di atas ufuk 31 menit posisi disebelah Utara Matahari 3° derajat. Namun pada pelaksanaan tim tidak dapat melihat karena kabut," tutupnya.


Topik

Peristiwa Ramadan hilal puasa ramadan puasa tarawih tuban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni