Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mahfud Sebut Raker soal Rp 300 T Akan Dilakukan Jumat ini di DPR

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

21 - Mar - 2023, 16:52

Placeholder
Menko Polhukam Mahfud Md. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan akan hadir dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi III DPR RI dan Kepala PPATK terkait transaksi janggal Rp 300 triliun di Kemenkeu pada Jumat (24/3/2023) mendatang.

Adapun sebelumnya rapat terkait transaksi mencurigakan Rp 300 triliun itu sempat dibatalkan pada Senin (21/3) karena pihak Mahfud Md mengaku belum menerima surat dari pimpinan DPR terkait undangan rapat.

Baca Juga : Airlangga Beber Sosok Calon Menpora Pengganti Amali

Mahfud kemudian menjelaskan  dirinya memiliki rencana bertolak ke Papua, tetapi Mahfud diminta oleh Presiden Jokowi mengisi kegiatan di sebuah hotel di Jakarta pagi ini. 

Akan tetapi, Mahfud memastikan akan hadir dalam rapat dengan DPR pada Jumat mendatang. "Karena saya kan mau ke Papua hari ini. Tetapi tiba-tiba oleh Presiden saya disuruh ke sini," kata Mahfud seusai sarasehan 'Isu Strategis dengan tema Sinkronisasi Tata Kelola Pertambangan Mineral Utama Perspektif Politik, Hukum dan Keamanan' di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (21/3).

Raker Komisi III DPR RI dengan Menko Polhukam Mahfud Md yang dijadwalkan Senin (20/3) sebelumnya batal. Pembatalan rakef tersebut lantaran surat undangan ke Mahfud belum ditandatangani pimpinan.

"Sangat disayangkan rapat dengan Menko Polhukam tidak jadi hari ini, dikarenakan surat dari pimpinan DPR ke Menko Polhukam belum ditandatangani," kata anggota Komisi III DPR RI, Habiburokhman, saat dimintai konfirmasi, Senin (20/3).

Menanggapi batalnya raker tersebut, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menegaskan jika rapat kerja (raker) Komisi III DPR RI dengan Menko Polhukam Mahfud Md soal transaksi mencurigakan Rp 300 triliun di Kementerian Keuangan pasti akan dilaksanakan.

Dasco lalu mengatakan jika ada kemungkinan rapat akan digelar pada Jumat pekan ini.

Baca Juga : Perppu Cipta Kerja Resmi Jadi Undang-Undang usai DPR Ketuk Palu

"Jadi begini, untuk Menko Polhukam itu selain hari ini, beliau bisa besok. Teman-teman sedang memutuskan apakah besok atau hari Jumat, itu saja, pasti jadi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3).

Lebih jauh Dasco mengatakan Komisi III akan lebih dulu rapat dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pada Selasa (21/3) besok. Dasco menepis adanya isu di balik batalnya rapat dengan Mahfud hari ini.

"Besok dengan PPATK. Jadi sebenarnya nggak ada isu, ini kan cuman mencocokkan waktu, tetapi rapat dengan PPATK besok, rapat dengan Menko Polhukam rencananya Jumat, karena terbentur dengan Rabu, Kamis, kita kan libur cuti bersama," ujarnya.


Topik

Peristiwa Mahfud MD DPR rapat kerja



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy