Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Penerima Sedekah yang Paling Utama adalah Keluarga, Benarkah?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

20 - Mar - 2023, 07:18

Placeholder
Ilustrasi bersedekah (pixabay)

JATIMTIMES - Sedekah merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam. Sedekah merupakan salah satu amalan yang mendapatkan ganjaran pahala yang besar. Dalam memberikan sedekah, terkadang seseorang justru menyerahkan kepada sebuah lembaga atau bahkan memberikan langsung kepada orang-orang di luar keluarga. Lantas, siapakah sebenarnya penerima sedekah yang paling utama?

Diolah dari DetikHikmah, menurut Imam An Nawawi dalam Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 1, bahwa penerima sedekah yang paling utama sejatinya adalah keluarga dan kerabat. Setelah itu, barulah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Baca Juga : Tahun Ke-3, Ziarah Masal dan Tahlil Akbar di Desa Tunggulsari Makin Kompak

Anas bin Malik RA, pernah mengkisahkan hal ini dalam sebuah hadist. Diceritakan, bahwa Abu Thalhah merupakan golongan Anshar di Madinah dan merupakan sosok yang banyak harta. Di antara harta yang paling dicintainya, ada sebuah kebun kurma yang menghadap ke masjid, yakni kebun kurma Bairuha'. 

Rasulullah SAW suka masuk ke kawasan itu dan minum air tawar yang ada disekitar.

Anas berkata, "Ketika ayat ini turun, yakni yang berarti, 'Kamu tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai...,'

Setelahnya, Abu Thalhah berdiri menuju ke tempat Rasulullah SAW, lalu berkata,

"Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah Ta'ala berfirman, 'Kamu tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai.... Dan hartaku yang paling kucintai adalah kebun kurma Bairuha. Maka, sesungguhnya kebun itu kusedekahkan demi Allah. Aku mengharapkan kebajikannya dan simpanannya di sisi Allah. Maka dari itu gunakanlah kebun itu, ya Rasulullah, sebagaimana yang diberitahukan Allah kepadamu."

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Itu merupakan harta yang memberi keuntungan. Itu merupakan harta yang memberi keuntungan. Aku telah mendengar apa yang engkau ucapkan, dan. sesungguhnya aku berpendapat supaya kebun itu engkau berikan kepada kaum keluargamu."

Baca Juga : Jelang Nyepi, Ratusan Umat Hindu di Kabupaten Malang Gelar Larung dan Jalanidhipuja

Abu Thalhah berkata, "Aku akan melaksanakan itu, ya Rasulullah. Selanjutnya Abu Thalhah membagi-bagikan kebun Bairuha' itu kepada keluarganya dan anak-anak pamannya." (Muttafaq 'alaih)

Bagi seorang laki-laki yang telah berkeluarga, tentunya pahala sedekah yang sangat besar adalah menafkahi anak dan istri. Dalam sebuah buku Solusi Sedekah Tanpa Uang karya Ust Haryadi Abdullah, dijelaskan, bahwa pahala yang didapat jauh lebih besar dibandingkan bersedekah kepada orang lain. 

Hal ini dikuatkan dengan hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah yang terbaik adalah yang dikeluarkan selebih keperluan, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung." (HR Bukhari). Begitupun dalam hadits lainnya riwayat dikutip dari Kitab Bulughul Maram karya Al Hafiz Ibnu Hajar Al-Asqalani, dari Abu Dawud dan Nasa'i, dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Hakim.

"Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Bersedekahlah." Lalu seorang laki-laki berkata, "Wahai Rasulullah, aku mempunyai satu dinar? Kemudian Rasul mengatakan, "Bersedekahlah pada dirimu sendiri." Orang itu lalu berkata, "Aku mempunyai yang lain." Beliau bersabda, "Sedekahkan untuk anakmu." Orang itu berkata, "Aku masih mempunyai yang lain." Beliau bersabda, "Sedekahkan untuk istrimu." Orang itu berkata lagi, "Aku masih punya yang lain." Rasul menjawab, "Sedekahkan untuk pembantumu." Orang itu berkata lagi, "Aku masih mempunyai yang lain." Rasul bersabda untuk yang terakhir kalinya, "Kamu lebih mengetahui penggunaannya".


Topik

Agama Sedekah untuk diri sendiri kisah nabi hadist sahih



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri