Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Kenang Maestro Seni Tari Tradisional Sumitro Hadi, Banyuwangi Gelar Festival Sulur Kembang Ke-3

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Nurlayla Ratri

19 - Mar - 2023, 10:42

Placeholder
Bredley, seorang warga asal Sidney, Australia ikut tampil dalam Festival Sulur Kembang Ke-3 di Gesibu Blambangan Banyuwangi (Disbudpar Banyuwangi for Jatim Times)

JATIMTIMES- Sebagai bentuk apresiasi atas karya-karya hebat dari sang maestro tari tradisional Banyuwangi, Sumitro Hadi, Banyuwangi kembali menghadirkan Festival Sulur Kembang ke -3 di Gesibu Blambangan Banyuwangi pada Sabtu (18/03/2023).

Festival Sulur Kembang merupakan pertunjukan seni tari yang menampilkan karya-karya dari Sumitro Hadi semasa hidupnya.

Baca Juga : Bareng IGTKI, Bangsalsari Festival Libatkan Ratusan UMKM di Jember

Sulur kembang sendiri mengandung arti bunga yang menjalar kemana-kemana. Sebuah penggambaran dari seorang Sumitro Hadi yang rela tulus dan ikhlas menyulurkan ilmu kepada anak didiknya.

Pada tahun yang ke -3, Festival Sulur Kembang mengangkat tema “Satukan Niat Bulatkan Tekad”.

Hadir dalam Festival Sulur Kembang ke 3 Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto memberikan semangat dan selamat kepada para seniman tari di acara tersebut.

"Terima kasih dan Alhamdulillah atas dicabutnya pembatasan kegiatan PPKM, sangat terlihat pergerakan ekonomi di sektor seni dan budaya sangat terasa. Dengan kegiatan Festival Sulur Kembang 3 ini bisa terus mengalir kepada generasi penerus," ujar Dwi Yanto.

Menurut Ketua sanggar Lang Lang Buana sekaligus penggagas Festival Sulur Kembang, Sabar Harianto, pihaknya mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan sebagai upaya memelihara dan melestarikan karya-karya sang maestro Sumitro Hadi.

"Kegiatan Festival Sulur Kembang ini merupakan acara rutin yang kami gelar untuk melestarikan karya sang maestro sekaligus memperingati hari jadi sanggar Lang Lang Buana ke -33 tahun," ungkap Sabar.

Pengunjung dan para penonton yang datang menyaksikan Festival Sulur Kembang 3 terlihat sangat antusias. Hal tersebut bisa dilihat dari penuhnya tempat duduk  penonton yang berada di tribun Gesibu Blambangan Banyuwangi.

Dalam gelaran Festival Sulur Kembang ke-3, sanggar Lang Lang Buana membawakan beberapa tari karya Sabar Harianto antara lain;  Tari Kampret, Tari Celeng, Tari Banyu Biru, Tari Singomanjuruh, Tari Minak Jinggo dan Tari Sriganyong.

Baca Juga : Indonesia Patut Bangga dengan Hasil Final: Uzbekistan Juara Piala Asia U-20

Salah seorang warga asal Sidney, Australia Bredley yang sudah 10 bulan berada  di Banyuwangi dengan berani tampil tari tradisional dengan memerankan tokoh pewayangan Bima.

"Dulu saya pernah belajar menari dibimbing Sabar Hariyanto sewaktu di Australia. Kini saya support acara Sulur Kembang ke-3 sekaligus memberanikan diri untuk tampil di hadapan ribuan penonton di Gesibu Blambangan," kata Bredley.

Pada akhir acara, Bredley mengaku ingin mengajak sanggar Lang Lang Buana untuk perform di Australia.

"Jika diberikan kesempatan nanti, saya ingin mengajak seniman-seniman di sanggar ini untuk perform di Australia." pungkas Bredley.

Acara puncak Festival Sulur Kembang itu menampilkan kolaborasi yang disusun secara medley oleh sanggar seni Lang Lang Buana.

Dalam pagelaran, Festival Sulur Kembang ke-3 juga turut dimeriahkan oleh penampila penari Gandrung  "Emak-emak" dari Komunitas Kain dan Kebaya Indonesia Banyuwangi.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Sumitro Hadi Banyuwangi Festival Sulur Kembang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Nurlayla Ratri