Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Warga Perumahan Elite di Kota Malang Gelar Lomba Da'i Cilik Jelang Ramadan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

18 - Mar - 2023, 19:31

Placeholder
Salah satu peserta Lomba Da'i Cilik saat tampil (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bulan Ramadan telah di depan mata. Menyambut bulan suci ini, warga perumahan elite Permata Jingga Malang bersama Masjid Abdullah dan Masjid Cahyaningati menggelar lomba da'i cilik. Lomba tersebut digelar dengan tujuam agar ada regenerasi da'i di Kota Malang.

Seperti diketahui, da'i adalah suatu profesi yang sangat mulia di mata Allah SWT. Sebab, para da'i sebagai pengemban amanat dan pewaris misi kenabian yang bertugas mengajak seluruh manusia untuk beribadah (mengabdi) hanya kepada Allah semata. Karena itu, regenerasi da'i sangat penting dilakukan.

Baca Juga : Sambangi Jokowi, Megawati Bahas Pelaksanaan Pemilu 2024

Untuk tetap menjaga regenerasi da'i agar tetap ada, digelarlah lomba da'i cilik. Meski dikenal sebagai warga di perumahan elite, semangat warga tak kendur untuk melahirkan da'i cilik.

Ketua RW 06 Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Yoga Adhinata mengatakan bahwa kegiatan ini digelar pertama untuk menyambut bulan suci Ramadan 2023. Selain itu, pihaknya menilai da'i merupakan profesi mulia yang membutuhkan regenerasi.

“Lomba ini diikuti 26 peserta dari tingkat SD hingga SMP. Di situ mereka harus memberikan tausiahnya selama 8 menit di hadapan para juri dan audiens,” ungkap Yoga.

Membentuk karakter Islami pada anak, menurut dia, juga sangat penting. Terlebih di era perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, banyak orang tua yang khawatir anaknya terjerumus ke dalam dunia yang tak diinginkan.

“Maka dari itu, pendidikan karakter secara Islami juga harus ditularkan mulai dari rumah. Dan lomba da'i cilik ini juga menjadi pendorong orang tua agar mengembangkan karakter Islami kepada anak-anaknya,” tutur pria yang akrab disapa Mas ErWe ini.

Baca Juga : Tak Puas Mediasi Kasus Pelemparan, Ansor Tulungagung Datangi Polres Trenggalek

Salah satu wakil orang tua peserta Lomba Dai Cilik, Gesang Sudrajat, mengaku senang dengan acara ini. Pasalnya,  lomba ini mampu menumbuhkan kepercayaan diri anak-anak serta menebalkan ilmu agama mulai usia dini.

“Kami senang dengan acara ini, besar harapan kami banyak menciptakan generasi pendakwah untuk masa depan,” ujar Gesang.

Sebagai informasi, pemenang juara pertama Lomba Da'i Cilik akan mendapat trofi dan uang tunai sebesar Rp 1,5 juta, juara kedua mendapat Rp 1 juta, juara ketiga Rp 750 ribu, dan peserta lain yang tidak juara tetap mendapat masing-masing Rp 250 ribu.


Topik

Peristiwa Da"i da'i cilik Lomba Da'i Cilik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy