Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Komitmen Perlindungan Lingkungan Hidup, DLH Kota Malang Ajak Pelaku Usaha Bersinergi 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

16 - Mar - 2023, 17:48

Placeholder
Dorong Ketaatan pelaku usaha melalui kegiatan "Sinergitas Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kota Malang Tahun 2023’ yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, di Savana & Convention Hotel Kota Malang, (Hendra/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang berkomitmen mendorong perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya di Kota Malang. 

Tak sendiri, DLH Kota Malang merangkul para pelaku usaha dari berbagai sektor, baik dari sektor kesehatan, perindustrian, pariwisata, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), dan UMKM (Usaha Menengah, Kecil, Mikro) untuk bersinergi dalam mewujudkan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 

Baca Juga : Anggota DPRD Banyuwangi Neni: LGBT Berpotensi Menambah Masalah Sosial

Melalui kegiatan "Sinergitas Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kota Malang Tahun 2023’ yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang di Savana & Convention Hotel Kota Malang, Rabu (15/3/2023), DLH Kota Malang berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku usaha di Kota Malang agar dapat melakukan pengelolaan lingkungan hidup sesuai regulasi pemerintah yang berlaku.

"Para pelaku usaha di Kota Malang perlu untuk mengetahui dan memahami aturan-aturan terbaru terkait aturan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sesuai aturan yang berlaku. Kegiatan ini sendiri sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup," jelas Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya. 

2

Di samping itu, kegiatan ini juga mendorong para pelaku usaha dalam ketaatan melaporkan kewajiban pengelolaan lingkungan. Di mana, hal ini juga menjadi evaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup. 

Lebih lanjut, bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup merupakan upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup serta mencegah terjadinya kerusakan lingkungan hidup akibat pencemaran atau tidak terkelolanya lingkungan hidup dengan baik.

Untuk mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, DLH Kota Malang kemudian melakukan penganggaran dan penyusunan naskah akademis Ranperda Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang telah disesuaikan dengan pembaruan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Cipta Kerja dan aturan turunannya.

Diakui Rahman, sejauh ini masih banyak para pelaku usaha yang belum taat melakukan pelaporan pengelolaan lingkungan atau pun melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik. DLH Kota Malang sejauh ini masih mengakomodir sekitar 35 persen pelaku usaha yang telah tertib. 

Baca Juga : Hura-hura Impor Pakaian Bekas Bikin Jokowi Geram, Ini Cara Pemerintah Memberantasnya

"Harapan kami tahun depan mencapai 75 persen sampai 80 persen terkait ketaatan seluruh pelaku usaha di Kota Malang," jelasnya.

1

Untuk itu, DLH Kota Malang akan gencar melakukan kegiatan sosialisasi melalui berbagai macam kegiatan serta mengeluarkan surat edaran berdasarkan dari peraturan perundang-undangan yang berlaku serta peraturan turunan dari Pemerintah Kota Malang. 

"DLH akan melakukan pengawasan secara berkala dan menerbitkan surat edaran, khususnya dalam rangka menyelaraskan peraturan nomor 22 tahun 2021," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan dlh kota malang perlindungan lingkungan hidup pelaku usaha kota malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana