Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kronologi Penembakan Pesawat Trigana Air di Dekai oleh KKB

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

12 - Mar - 2023, 07:55

Placeholder
pesawat Trigana Air. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pesawat Boeing milik Trigana Air nomor penerbangan YSC B 373-500 ditembak saat ingin lepas landas dari Bandara Dekai, Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan oleh Kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengungkap kronologi penembakan tersebut. Menurut Benny, kejadian penembakan terjadi pada Sabtu (11/3/2023) siang sekitar pukul 13.35 WIT.

Baca Juga : Diduga Petasan Meledak di Kasembon Malang, 1 Tewas dan Rumah HancurĀ 

Penembakan pertama kali diketahui oleh personel Opsnal Polres Yahukimo yang sedang melakukan kegiatan pengamanan di Area Bandara Nop Goliat Dekai. Awalnya, terdengar suara tembakan dari handy talky milik personel tersebut sebanyak empat kali. Suara tersebut terdengar pertama kali saat pesawat Trigana Air mendarat di Bandara Dekai.

"Melalui HT dari personel Opsnal Polres Yahukimo terdengar bunyi tembakan sebanyak 4 kali pada saat pesawat Trigana Air landing yang berasal dari arah seputaran Kali Brasa Dekai," kata Benny.

Usai pesawat tersebut mendarat, tim melakukan pengecekan pada pesawat. Namun dari hasil pengecekan, tidak ditemukan bekas tembakan. Namun saat pesawat hendak berangkat lagi, menuju Bandara Sentani Jayapura, suara tembakan kembali terdengar. Saat itu tembakan mengenai pesawat dan terdapat lubang.

"Saat dilakukan pengecekan kembali di Bandara Sentani Jayapura terdapat 1 lubang bekas tembakan di bawah pesawat dan satu penumpang terkena serpihan pecahan kursi," kata Benny.

Selanjutnya, Benny mengatakan tim gabungan langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku dan menyisir tempat-tempat rawan di area sekitar bandara Nop Goliat Dekai.

Dalam penyisiran tersebut, ia mengatakan petugas mengamankan 7 orang terduga pelaku beserta sejumlah barang bukti berupa busur dan panah, pisau, sabit, sangkur, dan tiga unit sepeda motor.

Baca Juga : Berawal Hampir Gantung Diri karena Depresi, Kini Evan Membagi Nasi Bungkus kepada Sesama

"Tujuh orang dan beberapa barang bukti kami amankan guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan mencari barang bukti senjata api yang dipakai untuk melakukan penembakan," jelasnya.

"Saat ini tim gabungan TNI-Polri melakukan patroli di seputaran area Kota Dekai guna mengantisipasi gangguan keamanan," imbuhnya.

Sementara, Aviation Security and Safety Manager Trigana Air, Kapten Alfred mengatakan jika saat ini jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Dekai dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan.

"Memang benar kami untuk sementara menghentikan penerbangan ke Dekai dan saat ini sedang konsolidasi internal," kata Kapten Alfred.


Topik

Peristiwa trigana air kelompok kriminal bersenjata penembakan pesawat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana