Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang 2023

Enam Desa Bakal Jalani Penilaian Visitasi dalam Lomba Desa Kabupaten Malang

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

10 - Mar - 2023, 20:35

Placeholder
Para dewan juri saat melakukan serangkaian penilaian Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 beberapa waktu lalu. (Foto : Dokumen Jatim Times)

JATIMTIMES - Enam desa terbaik yang mewakili enam kecamatan dalam mengikuti Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 telah terpilih. Nantinya, para dewan juri akan melakukan tahapan penilaian lanjutan. Yakni penilaian visitasi atau kunjungan yang  akan berlangsung  minggu depan.

"Serangkaian tahapan penilaian termasuk penilaian administrasi sudah dilaksanakan. Untuk selanjutnya adalah penilaian visitasi lapangan atau kunjungan ke lapangan kepada enam desa yang memiliki nilai tertinggi," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Eko Margianto, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga : Ini Sebelas Titik Lokasi yang Akan Dikunjungi Anies Selama di Surabaya

Hasil seleksi yang mengerucut kepada enam desa dari 33 desa yang mewakili 33 kecamatan di Kabupaten Malang dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 tersebut yaitu Desa Sriginco, Kecamatan Bantur; Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen; Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe); Desa Pojok, Kecamatan Dampit; Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan; dan Desa Landungsari, Kecamatan Dau.

"Kepada enam desa itu sudah kami share kepada para camat karena dalam rangka untuk persiapan tahapan penilaian visitasi pada Senin (13/2/2023)," ucapnya.

Rencananya, agenda penilaian visitasi tersebut akan berlangsung selama tiga hari. Yakni mulai Senin (13/3/2023) hingga Rabu (15/3/2023). "Penilaian visitasi akan berlangsung tiga hari dan di mulai pada hari Senin (13/3/2023). Jadi, satu hari itu ada dua desa yang akan kami kunjungi hingga Rabu (15/3/2023)," imbuhnya.

Setelah serangkaian penilaian visitasi tersebut, lanjut Eko, para dewan juri akan melakukan penilaian lanjutan. Yakni uji panel. Rencananya, agenda uji panel tersebut akan berlangsung pada 20 Maret 2023 mendatang.

"Setelah visitasi nanti, ada tahap selanjutnya yaitu uji panel. Agendanya insya Allah tanggal 20 Maret (2023), jadi sekaligus acara puncak," tukasnya.

Baca Juga : 20 Inovasi Pelayanan Publik Pemkot Mojokerto Bersaing Jadi yang Terbaik

Sebagaimana yang telah diberitakan, Tim penilai Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 beberapa waktu lalu sudah masuk dalam tahap penilaian administrasi. Penilaian awal tersebut diantaranya didasari oleh angka yang muncul pada epdeskel atau aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, guna menentukan status tingkat perkembangan desa.

Penilaian tersebut dilakukan di ruang rapat Kertanegara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Senin (6/3/2023). Tim penilai administrasi sendiri dilakukan oleh tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang dan tim dari JatimTIMES Network. Serangkaian penilaian itulah yang menjadi salah satu acuan dalam penilaian visitasi.


Topik

Pemerintahan Lomba desa Kabupaten Malang desa terbaik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy