Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Wujudkan Pembangunan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan, Pemkot Blitar Gelar Musrenbang Tematik

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

09 - Mar - 2023, 16:58

Placeholder
Wali Kota Blitar Santoso saat membuka Musrenbang Tematik di Balai Kota Kusumowicitro.(Foto : Pemkot Blitar)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tematik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bidang infrastruktur. Musrenbang Tematik kali ini mengusung tema "Sinergi Penthahelix Untuk Peningkatan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan".

Informasi yang diterima JATIMTIMES, Musrenbang Tematik digelar di Balai Kota Kusumowicitro pada Selasa (7/3/2023). Dalam kesempatan ini, Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, kegiatan Musrenbang Tematik digelar sebagai sarana untuk menjaring aspirasi, masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat terkait pembangunan infrastruktur berwawasan lingkungan. Usulan-usulan yang muncul selanjutnya akan dirangkum dan dituangkan dalam RKPD Kota Blitar 2024.

Baca Juga : Gusdurian Ungkap Hasil Mediasi Kasus Penolakan Pembangunan Gereja di Gedangan Malang 

“Musrenbang kali ini tema kita adalah infrastruktur. Seluruh usulan-usulan yang ada kita tampung dan nanti pelaksanaanya di tahun 2024,” kata Santoso.

Santoso menambahkan, sesuai dengan tema Musrenbang kali ini dirinya selaku Wali Kota Blitar berharap kedepan pembangunan infrastruktur di Kota Blitar benar-benar maksimal. Di samping itu, dirinya ingin agar kedepan pembangunan infrastruktur di Kota Blitar menggunakan pola pembangunan berwawasan lingkungan.

“Saya ingin pembangunan infrastruktur di Kota Blitar memperhatikan 3 R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle. Atau lebih tepatnya pencegahan, pengurangan, daur ulang sampah serta penghematan energi dan pembuangan energi. Nah, dalam menerapkan pola ini tentunya harus ada sinergitas pada proses pembangunan dengan kondisi lingkungan yang kita bangun. Karena saat ini persampahan tidak bisa dianggap sepele," tegas orang nomor satu di Kota Blitar.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Blitar Tri Iman Prasertono berharap Musrenbang Tematik yang digelar kali ini dapat menampung seluruh usulan warga Kota Blitar. Pihaknya juga berharap dari Musrenbang Tematik ini akan muncul usulan-usulan pembangunan infrastruktur berwawasan lingkungan yang arahnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Blitar.

Baca Juga : Kembali Jabat Rektor Unisba Blitar, Ini 3 Program Prioritas Soebiantoro

"Kami berharap nanti ada masukan khuss yang sesuai dengan tema Musrenbang RKPD 2024, yaitu Infratruktur yang berwawasan lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi," ungkap Tri Iman.

 Sebagai informasi, hasil dari Musrenbang Tematik ini akan menjadi bahan bahan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Blitar yang dijadwalkan pada 15 Maret 2023.


Topik

Pemerintahan murenbang tematik walikota blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana