Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Media Asing Soroti Kebakaran Depo Pertamina di Plumpang 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

05 - Mar - 2023, 07:37

Placeholder
Kondisi kampung terdekat kebakaran Depo Pertamina Plumpang (foto: Twitter)

JATIMTIMES - Kebakaran mengerikan yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3/2023) pukul 20.20 WIB masih menjadi sorotan. Kali ini sorotan datang dari beberapa media asing. 

Reuters, salah satu media di Inggris menuliskan berita berjudul "Fire at Indonesia's Pertamina fuel storage station kills 17". Jika diterjemahkan, artinya "Kebakaran di stasiun penyimpanan bahan bakar Pertamina di Indonesia menewaskan 17 orang".

Baca Juga : BPBD Kota Batu Imbau Wisatawan Tidak Mandi di Bawah Air Terjun yang Berpotensi Longsor

Reuters pun juga menuliskan kronologi kebakaran yang terjadi setelah pukul 20.00 waktu setempat. Dalam laporannya, api membakar beberapa rumah dan membuat warga sekitar di daerah padat penduduk panik. Beberapa warga juga melarikan diri dengan membawa barang-barang mereka.

Dalam laporan Reuters juga dituliskan bahwa seorang juru bicara Pertamina mengatakan pada Jumat malam api telah padam sekitar pukul 22.30 waktu setempat.

Selain itu, Bloomberg, salah satu media di Inggris, juga menuliskan hal serupa. Hanya saja lebih detil ke judul "Indonesia Demands Investigation Into Deadly Oil Depot Fire". Artinya "Pemerintah Indonesia Menuntut Investigasi Kebakaran Depot Minyak Mematikan".

Berdasarkan laporan Bloomberg, pemerintah Indonesia telah menginstruksikan untuk melakukan penyelidikan atas kebakaran mematikan di depot penyimpanan minyak di Jakarta milik perusahaan minyak negara PT Pertamina. Menurut Bloomberg, kebakaran tersebut menewaskan 17 orang dan menyebabkan ratusan warga dievakuasi.

Bloomberg juga menuliskan pernyataan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang menginstruksikan Pertamina agar mengusut penyebab kebakaran di depo, sebagai penyalur BBM utama ke wilayah Ibu Kota dan Jawa Barat tersebut. 

Sementara itu, media di Australias, ABC News juga melaporkan hal serupa. Yakni dengan judul "Fire at Indonesian oil depot kills 17; thousands evacuated". Artinya "Kebakaran di depot minyak Indonesia tewaskan 17 orang; ribuan dievakuasi".

Baca Juga : Hujan Angin, Satu Rumah Warga di Rejotangan Roboh

Dalam tulisan ABC News, kebakaran besar terjadi di depo penyimpanan bahan bakar di ibu kota Indonesia. Kebakaran itu menewaskan sedikitnya 17 orang, melukai puluhan lainnya, dan memaksa evakuasi ribuan penduduk terdekat setelah menyebar ke lingkungan mereka.

Lebih lanjut, dalam laporan ABC News, depo penyimpanan bahan bakar di Plumpang itu dioperasikan di dekat kampung padat penduduk. ABC News juga menyebut Depo Plumpang adalah pemasok 25 persen dari kebutuhan bbm di Indonesia. 

Sementara itu, update terbaru jumlah korban meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang bertambah menjadi 19 orang. Data tersebut sesuai dengan data yang tercatat di Koramil 01 Koja. 

"Jadi korban yang meninggal itu semalam 15, lalu bertambah 17, lalu jenazah yang ditemukan hari ini (Sabtu, 4/3/2023) total jumlahnya 19. Luka-luka 48 dan yang hilang ada 3, sekarang masih pendataan," kata Penanggung Jawab Piker Koramil 01 Koja, Serda Warno, dikutip Detikcom, Minggu (5/3/2023). 


Topik

Peristiwa kebakaran depo pertamina plumpung media asing



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana