Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

BPBD Kota Batu Imbau Wisatawan Tidak Mandi di Bawah Air Terjun yang Berpotensi Longsor

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

04 - Mar - 2023, 22:15

Placeholder
Petugas BPBD Kota Batu saat melakukan evakuasi tanah longsor di kawasan Kecamatan Batu, Kota Batu, Selasa (28/2/2023). (Foto: Dok. BPBD Kota Batu)

JATIMTIMES - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengimbau  seluruh masyarakat Kota Batu serta wisatawan untuk tidak mandi di bawah air terjun.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu dalam keterangan resminya. Menurut Agung, saat ini Kota Batu masih kerap kali dilanda hujan deras disertai angin kencang.

Baca Juga : Eks Pemain Persela Oscar Aravena Beber "Ritual Mandi" untuk Akhiri Mandul Gol

"Bagi masyarakat Kota Batu dan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata alam air terjun untun tidak melakukan aktivitas mandi di bawah air terjun yang berpotensi terjadi longsor dan banjir," ungkap Agung, Sabtu (4/3/2023).

Menurut Agung, ketika curah hujan tinggi disertai angin kencang terjadi secara intens, akan menyebabkan tanah-tanah di beberapa wilayah di Kota Batu menjadi jenuh sehingga memicu longsor.

Selain itu, BPBD mengimbau kepada pengguna jalan agar lebih waspada terhadap pohon, dahan, ranting, banner, baliho, tiang listrik dan beberapa benda lain yang berpotensi jatuh atau roboh ketika hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Batu.

Agung juga meminta kepada masyarakat agar dapat memberikan informasi kepada BPBD Kota Batu ketika melihat adanya sebuah peristiwa bencana di Kota Batu.

"Masyarakat agar melaporkan jika mengetahui potensi bahaya dan kejadian darurat bencana ke BPBD Kota Batu. Bisa lewat call center darurat 081217104099," terang Agung.

Baca Juga : Hujan Angin, Satu Rumah Warga di Rejotangan Roboh

Sebagai informasi, selama Februari 2023 telah terjadi 25 bencana di Kota Batu yang tersebar di tiga kecamatan. Di Kecamatan Junrejo 4 peristiwa, Kecamatan Batu 15 peristiwa, dan Kecamatan Bumiaji 6 peristiwa.

Ke-25 peristiwa tersebut terbagi dalam lima jenis bencana. Yakni 13 peristiwa tanah longsor, 1 kebakaran bangunan, 1 atap atau dinding rumah roboh, 2 musibah kecelakaan, serta 8 cuaca ekstrem -dalam hal ini angin kencang.

"Dari 25 kejadian di Februari 2023 itu, korban meninggal dunia dua orang, korban luka satu orang, dan korban mengungsi satu KK," pungkas Agung.


Topik

Peristiwa Bencana bencana alam Kota Batu wisatawan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy