Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Tekankan Sinergi dalam Pembangunan di Musrenbang Kecamatan Sukun

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

01 - Feb - 2023, 07:33

Placeholder
Wali Kota Malang Sutiaji yang hadir secara daring dan memberikan pengarahan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sukun, Selasa (31/1/2023). (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji hadir secara daring atau dalam jaringan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sukun yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang

Dalam pengarahannya, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu menyampaikan, bahwa dalam Musrenbang di tingkat kecamatan ini merupakan tahapan untuk melakukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Malang Tahun 2024. 

Baca Juga : Sambut Baik Sosialisasi UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Bunda Fey: Angin Segar bagi Para Perempuan

Sutiaji mengatakan, setelah dilakukannya musyawarah perencanaan pembangunan dari tingkat RT hingga kecamatan, maka program-program pembangunan akan semakin nampak. 

Menurut Sutiaji, perlu adanya sinergi dari semua perangkat daerah dan kelompok masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang baik dan sesuai perencanaan. Sehingga, kata Sutiaji, nantinya terdapat program kerja dari Pemkot Malang yang sifatnya dari atas ke bawah atau "top-down". Kemudian dilanjutkan dengan penampungan aspirasi masyarakat yang bersifat dari bawah ke atas atau "bottom-up". 

"Perlunya sinergi kita dalam membangun dan perlunya pembangunan yang sustainable (berkelanjutan). Sesungguhnya top down ketika membangun RPJMD kemarin itu juga usulan dari masyarakat," ungkap Sutiaji, Selasa (31/1/2023). 

Sutiaji yang alumnus UIN Maliki Malang (dulunya IAIN Malang) ini mengatakan, peran aktif dari masyarakat harapannya tidak berhenti dalam tahapan perencanaan di momentum musrenbang. Tetapi dalam pelaksanaan program ke depan harapannya dapat dikawal dan diawasi oleh masyarakat.

Menurut Sutiaji, semua yang dibahas dalam musrenbang dari berbagai tingkatnya sifatnya prediktif. Hal itu membuat, tidak semua usulan dan perencanaan dapat terpenuhi secara keseluruhan. 

"Karena sifatnya prediktif, tentu tidak bisa memenuhi semua rencana. Maka perencanaan usulan dari RT RW kelurahan di forum kecamatan kita tidak ego sektoral maka ada skala prioritas yang dikerucutkan," tutur Sutiaji. 

Foto bersama.

Lebih lanjut, pihaknya juga menyampaikan bahwa terdapat empat komitmen pemerintah dalam membangun Kota Malang. Pertama, komitmen berkaitan dengan kemiskinan ekstrem. "Negara dikatakan negara maju ketika kemiskinan mulai berkurang. Bagaimana kita membuat peluang kerja, jadi jangan mengandalkan kerja di luar," terang Sutiaji. 

Selanjutnya, komitmen kedua yakni terkait penanganan stunting atau kondisi bayi gagal tumbuh. Kemudian komitmen ketiga berkaitan dengan kemudahan dalam hal berinvestasi. Lalu yang keempat, komitmen dalam peningkatan pelayanan layanan masyarakat.

"Empat komponen ini yang saya kira akan membawa Kota Malang bermartabat. Itu cita cita bisa dipenuhi, ketika kita punya komitmen yang tinggi," jelas Sutiaji. 

Baca Juga : Tekan Inflasi, Disperindag Kabupaten Malang Pasok 15 Ton Minyak Goreng di Pasar Sumberpucung

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu menambahkan, bahwa dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Sukun dihadiri oleh seluruh undangan perangkat daerah di wilayah Kecamatan Sukun dan kelompok masyarakat terkait. 

"Output atau hasil dari musrenbang di Kecamatan Sukun ini selanjutnya harus dikirim maksimal seminggu setelah pelaksanaan musrenbang," ujar Dwi.

Dwi menyebut, bahwa nanti pada tanggal 23 Februari 2023, Bappeda Kota Malang akan menggelar forum lintas perangkat daerah sebelum dilakukannya Musrenbang tingkat Kota pada 20 Maret 2023. 

"Sebelum pelaksanaan itu, akan dilaksanakan pra Musrenbang, saat itu kita berjibaku, kita desk, dengan seluruh perangkat daerah pengampu dan dengan delegasi dari kecamatan dan tematik," pungkas Dwi. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya