Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jumat Bersih, Tradisi Gotong Royong Warga Masih Lestari di Desa Wates

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

27 - Jan - 2023, 20:46

Placeholder
Kegiatan Jumat bersih rutin diselenggarakan di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Budaya gotong royong dalam bentuk kerja bakti di lingkup pedesaan masih dilaksanakan rutin di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Dengan mengadakan kegiatan Jumat Bersih, desa yang berada di kaki sebelah timur Gunung Podho ini selalu bergiliran membersihkan lingkungan masing-masing.

Kepala Desa Wates Rudhianto melalui Sekdes Budiono mengatakan, kegiatan Jumat bersih ini dimaksudkan untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan.

Baca Juga : Gunung Semeru Erupsi Dua Kali Pagi Ini, Warga Hindari Area Besuk Kobokan

"Jumat Bersih ini rutin diadakan dengan maksud mengajak warga masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar," kata Budiono di lokasi kerja bhakti di RT 01 RW 03.

Dengan kegiatan ini, Pemdes Wates berharap agar kesehatan masyarakat selalu terjaga dampak dari lingkungan yang bersih dan asri. "Diharapkan kesehatan masyarakat selalu terjaga," ucapnya.

Dipimpin oleh Ketua RT 01 RW 03, Edi Masruron dan dikomando langsung oleh Kepala Desa Rudhianto, tampak puluhan warga bahu-membahu membersihkan rumput dan sampah di sisi kiri dan kanan jalan.

"Kegiatan ini juga melibatkan tokoh masyarakat, perangkat desa dan secara bergilir dari lingkungan ke lingkungan lain," ungkapnya.

Selama dipimpin Kades Rudhianto, Jumat Bersih dicanangkan sebagai program Pemerintah Desa Wates dengan tujuan optimalisasi peran ketua RT dan RW.

Baca Juga : Penyisiran Hari Ketiga, Cuaca Sempat Jadi Kendala Pencarian Bocah Hanyut di Selokan Singosari

"Kita jaga agar lingkungan bersih dan sehat. Juga sebagai sarana atau ajang berbaurnya antara pemdes dan masyarakat untuk menjalin kebersamaan," paparnya.

Setelah berbaur, semangat kebersamaan dan gotong royong yang menjadi tradisi turun-temurun itu diharapkan dapat terjaga dan lestari hingga generasi mendatang.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy