Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dongkrak Potensi Daerah, Kawasan Pendapa Agung Bakal Disiapkan untuk Pamerkan Produk Lokal

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Dec - 2022, 20:30

Placeholder
Bupati Malang, HM. Sanusi saat mengunjungi salah satu festival kuliner yang digelar di Pendapa Agung Kabupaten Malang. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kawasan Pendapa Agung Kabupaten Malang yang berada di JL. KH Agus Salim Malang menjadi salah satu bidikan sebagai salah satu pusat pemulihan ekonomi masyarakat. Dimana, kawasan yang sudah berstastus cagar budaya itu bakal disiapkan menjadi venue bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk menawarkan hasil produksinya. 

Menurut Bupati Malang, HM. Sanusi, hal itu juga mengacu pada program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk menuju One Village One Destination dan One Village One Product. Dimana nantinya, di kawasan Pendapa Agung akan menampilkan produk-produk unggulan yang ada di setiap kecamatan. 

Baca Juga : Tingkat Aktivitas Gunung Semeru Masih Tinggi, Masyarakat Diminta Tetap Waspada 

 

"Nah tujuannya kesana (pemulihan ekonomi). Tujuannya untuk membikin destinasi wisata kuliner dan destinasi kesenian. Nanti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang akan mengatur jadwalnya," terang Sanusi. 

Jika jadwalnya sudah terbentuk, nantinya akan turut dipromosikan melalui agen travel wisata yang sudah berjaringan dengan Pemkab Malang. Tujuannya, agar wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang bisa lebih tertarik untuk berwisata. 

Sanusi mengatakan bahwa rencana tersebut juga menjadi sebuah penegasan bahwa Pendopo Agung Kabupaten Malang terbuka bagi masyarakat untuk menggelar ajang atau pagelaran kesenian. Namun bagi masyarakat yang ada di 33 kecamatan. 

"Jadi nanti untuk mengembangkan potensi yang ada di setiap kecamatan. Baik itu kesenian, atau produk olahan dan kerajinan," tegas Sanusi.

Baca Juga : Tips Belanja Produk Pakaian Terbaik Di Toko Online 

 

Nantinya, di Kawasan Pendapa Agung akan disediakan semacam outlet sejumlah kecamatan yang ada. Yang bakal digunakan untuk memamerkan produk unggulan dari setiap kecamatan yang ada. Rencana itu sebelumnya juga diselaraskan dengan diresmikannya Galeri Dekrasnada yang juga berada di Kawasan Pendopo Agung.  

Sementara itu, secara berangsur, kantor-kantor organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang juga akan berpindah ke Kepanjen. Sehingga, menurut Sanusi, untuk pelayanan publik juga direncanakan untuk berpusat di Kepanjen.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni