07/12/2022 Pohon Tumbang di Kota Batu Tutup Jalan hingga Timpa Gedung dan Kolam Ikan | Jatim TIMES

Pohon Tumbang di Kota Batu Tutup Jalan hingga Timpa Gedung dan Kolam Ikan

Nov 25, 2022 17:01
Petugas saat melakukan pemotongan pohon di Jalan Darmo Ngaliman, Punden RT 04 RW 02 Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (25/11/2022).
Petugas saat melakukan pemotongan pohon di Jalan Darmo Ngaliman, Punden RT 04 RW 02 Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (25/11/2022).

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Pohon tumbang menerjang Jalan Darmo Ngaliman, Punden RT 04 RW 02 Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (25/11/2022). Akibatnya gedung dan kolam ikan terkena imbas pohon tumbang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, pohon tumbang terjadi lantaran akar pohon Wunut yang sudah lapuk. Alhasil pohon sudah tidak mampu menopang, terlebih kondisi hujan yang terus terjadi di Kota Batu.

Baca Juga : November Rain, Granit Citigress di Graha Bangunan Ada Potongan Harga Spesial

“Karena kondisi sudah lapuk sehingga menyebabkan pohon tumbang,” ujar Agung. Pohon Wunut yang tumbang dengan diameter 7 meter dan tinggi 40 meter.

Material pohon tumbang itu pun menutup akses jalan Darmo Ngaliman, Dusun Toyomerto. Selain itu gedung pertemuan Kelompok Tani Tirto Barokah mengalami kerusakan di bagian atap dengan dimensi Panjang 10 meter dan lebar 7 meter.

Lalu juga material pohon tumbang menimpa kolam ikan nila dengan dimensi 20 meter × 20 meter. Petugas gabungan pun langsung ke lokasi kejadian melakukan pemotongan dan pembersihan agar akses jalan kembali normal.

“Ke depa perlu dilakukan perbaikan Gedung Kelompok Tani Tirto Barokah dan kolam ikan dan reboisasi di wilayah Dusun Toyomerto,” tutup Agung.

Baca Juga : Peringati HKN, Pemkot Batu Raih 3 Penghargaan Bidang Kesehatan

Selain itu di hari yang sama juga terjadi tanah lomgsor di Jalan Margomulyo, Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tebing longsor dengan dimensi panjang 6 meter, tinggi 8 meter, lebar 3 meter, dan material longsor menutup badan jalan.

Alhasil material longsor menutup sebagian akses jalan, hingga mengganggu aktivitas warga sekitar. Namun pembersihan material longsor telah dilakukan petugas gabungan hingga dilakukan penyemprotan material longsor oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Judul berita Pohon Tumbang di Kota Batu Tutup Jalan hingga Timpa Gedung dan Kolam Ikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pohon Tumbang pohon tumbang kota batu

Berita Lainnya