07/12/2022 Ringankan Beban Nelayan, Pemerintah Kabupaten Gresik Bantu Paket Sembako | Jatim TIMES

Ringankan Beban Nelayan, Pemerintah Kabupaten Gresik Bantu Paket Sembako

Nov 25, 2022 14:38
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gresik, Moh. Nadlelah saat menyerahkan bantuan paket sambako kepada nelayan, Jumat (25/11/2022).
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gresik, Moh. Nadlelah saat menyerahkan bantuan paket sambako kepada nelayan, Jumat (25/11/2022).

Pewarta: Syaifuddin Anam | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Ribuan nelayan di wilayah Kabupaten Gresik kesulitan melaut lantaran memasuki musim angin barat. Alhasil, pendapatan mereka pun menurun. Untuk meringankan beban mereka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik memberikan bantuan paket sembako. Bantuan tersebut diberikan kepada nelayan yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan sembako tersebut sebagai bentuk bakti peduli nelayan berdaulat, sesuai yang tertuang dalam program Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati Gresik, yakni Gresik Agropolitan. 

Baca Juga : Hujan Angin Terjang Padas, Banyak Pohon Tumbang

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan dapat sedikit meringankan beban para nelayan sehari-hari," kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Jum'at (25/11/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gresik Moh. Nadlelah, menyampaikan, Pemkab Gresik memiliki program peningkatan kesejahteraan nelayan, seperti yang tertuang dalam program Nawa Karsa Gresik Agropolitan.

Nadlelah menyebutkan, sektor perikanan menjadi salah satu perhatian pemerintah. Seperti menyediakan permodalan lunak dan membangun beberapa titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN).

Pemberian paket sembako ini, nantinya akan diberikan sebanyak tiga kali hingga Desember 2022. Momen ini bertepatan dengan berlangsungnya musim angin barat yang biasanya berlangsung di akhir tahun. Sehingga, total paket sembako yang diberikan sebanyak 3.000 paket sembako.

"Bagi nelayan yang tidak dapat paket sembako, akan kita usahakan untuk bisa menerima bantuan dari Provinsi Jawa Timur. Insya Allah jumlahnya nanti 2.667 paket, sehingga bisa menjangkau lebih luas kepada nelayan Kabupaten Gresik yang data terakhirnya tercatat sebanyak 11.167 jiwa," ungkapnya.

Ahmad Syafi'i (61), salah satu nelayan asal Desa Sukorejo mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Gresik. Bantuan ini sangat berarti ditengah musim angin barat dimana banyak nelayan kesulitan untuk melaut.

Baca Juga : Terima Kunjungan Finalis Menulis Surat Cinta, Ini Pesan Bupati dan Wabup Gresik

"Saat musim angin barat seperti saat ini, bagi nelayan yang perahunya kurang memenuhi syarat akan sangat berbahaya untuk melaut. Jadi nanti kalau anginnya sudah agak teduh baru kita bisa melaut lagi," kata Syafi'i.

Ahmad Syafi'i dan nelayan lainnya sangat mendukung program dari Pemkab Gresik utamanya dalam masalah permodalan dan kemudahan mendapatkan BBM. 

"Sekali melaut saya biasanya rata-rata mendapat keuntungan 50 sampai 75 ribu rupiah atau kurang lebih 4-5 kilogram ikan. Jadi kalau ada bantuan permodalan bisa digunakan untuk memperbaiki perahu atau jaring. Kalau BBM jelas kita butuh," pungkasnya.

Judul berita Ringankan Beban Nelayan, Pemerintah Kabupaten Gresik Bantu Paket Sembako.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
nelayan gresik Bupati Gresik

Berita Lainnya