Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Terima Kunjungan Finalis Menulis Surat Cinta, Ini Pesan Bupati dan Wabup Gresik

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : Dede Nana

25 - Nov - 2022, 13:24

Placeholder
Wabup Gresik Aminatun Habibah ketika bertemu dengan finalis lomba menulis surat cinta kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Jumat (25/11/2022).

JATIMTIMES - Sebanyak 35 finalis lomba menulis surat cinta kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani - Aminatun Habibah mendapat kesempatan bertemu langsung dengan pemangku kebijakan.

Bu Min sapaan akrab Wabup Gresik mengatakan, literasi sangat penting bagi generasi muda. Salah satunya menambah pengetahuan para siswa serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Baca Juga : Berakhir Pekan di Kota Batu Bakal Diguyur Hujan, Waspada saat Lewat Kawasan Payung

"Mengapa menulis ini penting? Karena dengan menulis kita dapat dengan mudah mengungkapkan apa yang ada dipikiran kita menjadi tulisan. Dan ternyata anak-anak ini berhasil dalam menuangkannya," ujar Bu Min, Jumat (25/11/2022).

Wakil Bupati perempuan pertama di Gresik juga menyampaikan, agar para finalis tetap semangat dan tidak berkecil hati ketika tidak menjadi juara utama.

"Meskipun nanti hanya dipilih enam juara utama dari masing-masing SD dan SMP. Ayo kita tetap semangat menulis dan berliterasi. Karena saya yakin anak-anak yang sampai disini punya pikiran yang luar biasa," ungkapnya.

Bu Min juga mengenalkan beberapa destinasi wisata di Kabupaten Gresik yang dapat dijadikan sebagai objek tulisan. Di antaranya Bandar Grisse, Makam Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim. Diharapkan, anak-anak tersebut bisa mengenal dan menyebarluaskan berbagai macam hal menarik yang ada di Gresik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Haryanto menyampaikan, lomba menulis surat cinta tersebut dilatarbelakangi dari hasil assessment nasional dalam indikator literasi yang masih di bawah standar.

"Salah satu upaya dalam meningkatkan hal tersebut adalah dengan lomba menulis yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik kali ini," katanya.

Baca Juga : Ternyata Ini Motif 4 Pelaku Aniaya Prada Indra hingga Tewas

Dirinya juga tidak menyangka, lomba ini dapat menjangkau hampir seribu peserta dari seluruh SD dan SMP sederajat di lingkungan Kabupaten Gresik. "Kami tidak menyangka kalau animo para pelajar tinggi dalam mengikuti lomba ini, karena estimasi awal target peserta hanya 300 orang saja dari total kategori SD dan SMP Sederajat," imbuhnya.

Sementara itu para finalis seusai menjalani tahapan final mendapatkan kesempatan berkunjung ke ruang kerja Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Disela-sela foto bersama para finalis Bupati Gresik berpesan kepada anak-anak agar terus semangat latihan menulis dengan gembira karena di masa depan profesi apapun membutuhkan skill menulis yang hebat.

"Anak-anak tetap semangat untuk menulis dengan gembira, terus berlatih untuk menjadi yang terbaik. Di masa depan skill menulis kalian yang hebat itu pasti dibutuhkan dalam profesi apapun," kata Gus Yani.

Selanjutnya, 30 tulisan terbaik dari para finalis tersebut juga akan dibukukan. Turut hadir saat tahapan final Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Haryanto, Kasi Kurikulum PAUD Hamidah, dan para pembina serta pendamping para finalis.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

Dede Nana