07/12/2022 Lomba Konten Kreator Bupati Malang: Disperpusip Ajari Simpan Dokumen Lewat Unsur Komedi | Jatim TIMES
Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022

Lomba Konten Kreator Bupati Malang: Disperpusip Ajari Simpan Dokumen Lewat Unsur Komedi

Nov 24, 2022 18:11
Cuplikan video milik Disperpusip Kabupaten Malang dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (Foto : Istimewa)
Cuplikan video milik Disperpusip Kabupaten Malang dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (Foto : Istimewa)

Pewarta: Ashaq Lupito | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Melalui perpaduan konsep dan penulisan naskah skenario yang ciamik, membuat materi yang dibawakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Malang ini layak untuk di tonton.

Meski dibalut komedi dan unsur diksi yang sedang viral di media sosial (medsos), video berdurasi sekitar dua menit ini mampu menerangkan secara rinci bagaimana cara menyimpan arsip yang baik dan benar.

Baca Juga : Setiap Terima Laporan Kematian Warga, Kapolres Tulungagung Rutin Berikan Santunan 

 

Merujuk pada akun medsos resmi milik Disperpusip Kabupaten Malang, yakni @disperpusipkabmalang. Scene diawali dengan seorang pemuda yang nampak gelisah setelah keluar dari gedung perkantoran. Dengan menenteng tas di kedua bahunya sembari membawa berkas lamaran kerja. Sosok pemuda tersebut ternyata kembali gagal melamar kerja di sebuah perkantoran.

Tidak berhenti di situ, penderitaan pria tersebut bertambah ketika mengetahui sang kekasih ternyata memilih berpaling kepada pria lain. Frustasi lantaran terus-terusan ditolak kerja, pria tersebut akhirnya memilih jalan lain. Yakni mencoba peruntungan di sektor bisnis atau wirausaha.

Scene beralih pada keesokan harinya. Dengan mengenakan pakaian batik rapi, pria tersebut mendatangi perpustakaan milik Disperpusip Kabupaten Malang. Tujuannya untuk mencari reverensi tentang bisnis. Setibanya di loby utama, pria tersebut disambut oleh seorang resepsionis yang saat itu nampak mengenakan hijab. 

"Mbak, di sini ada buku?," tanya pria tersebut.

"Kamu nanya, kamu bertanya-tanya. Ente kadang-kadang ente. Di lihat, ini banyak sekali buku di sini. Masnya mau baca buku apa?," jawab sang resepsionis.

Diskominfo Kabupaten Malang

Tidak lama setelah mendapat jawaban tersebut, pria itu kemudian membaca beberapa buku soal referensi bisnis dan wirausaha yang ada di perpustakaan.Gayung bersambut, jerih payahnya tersebut berbuah hasil. Pria itu sukses mengembangkan bisnis di sektor ikan hias di usianya yang masih muda.

Di puncak kesuksesannya, bisnis yang dilakoninya mendapat ujian. Yakni gagal mendapatkan kontrak bisnis dengan nominal tinggi, gara-gara arsip miliknya hilang. Pria itu pun bertanya-tanya, bagaimana caranya menyimpan dokumen arsip yang baik dan benar. 

Berawal dari pertanyaan itulah, para staf dan pegawai Disperpusip Kabupaten Malang menjabarkan lima langkah kongkrit dalam mengamankan arsip.

Berikut rincian dan penjelasannya :

1. Memilah Dokumen

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menyimpan arsip adalah melakukan pemilahan. Ada beberapa dokumen yang harus di pisah saat di simpan. Diantaranya dokumen pribadi dan dokumen keluarga.

Dokumen pribadi tersebut bisa meliputi ijazah kita saat duduk di bangku sekolah atau kuliah, sertifikat, piagam, atau penghargaan, dan lain sebagainya.Sedangkan dokumen keluarga, bisa dikategorikan seperti kartu keluarga atau KK, akta lahir anak dan anggota keluarga, surat tanah, dan lain sebagainya.

Setelah di pilah, dokumen yang asli dan yang fotocopy juga perlu di pisah. Sebab jika tidak di pilah atau disendirikan. Tentunya dokumen dan arsip akan bercampur dan menyulitkan saat kita mencari ketika membutuhkannya.

2. Jangan Dilaminating

Sebagian dari masyarakat saat ini, biasanya memilih melaminating berkas, dokumen, ataupun arsip mereka. Dalihnya agar lebih aman dan tidak mudah rusak. Padahal, jika merujuk pada berbagai sumber, melaminating dokumen justru bisa mengakibatkan kerusakan. Terutama pada bagian tulisan pada dokumen. Di mana, jika di laminating tulisan pada dokumen akan menempel di plastik laminating.

Perlu diketahui, dokumen seperti ijazah, akta, surat nikah sudah bebas dari asam. Sehingga dengan melakukan perawatan secara sederhana, dapat membuat dokumen tahan sampai dengan 100 tahun tanpa perlu dilaminating.

3. Mencadangkan Dokumen

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti hilang atau rusak. Arsip dokumen perlu untuk dicadangkan. Caranya bisa dengan di scan atau di fotocopy. Dengan begitu, langkah mencadangkan dokumen tersebut juga bisa menjadi bukti jika kita memang memiliki ijazah, data kependudukan, dan lain sebagainya.

4. Menyimpan Dokumen dengan Baik

Tips sederhana. Saat menyimpan dokumen, sebaiknya disimpan di tempat kering dan tidak lembab. Selain itu, kita juga perlu memastikan jika tempat penyimpanan kita aman. Salah satunya aman dari rayap, tikus, dan sebagainya.

Alangkah baiknya jika dokumen disimpan di dalam brankas. Sehingga dokumen bisa tetap aman jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti misalnya kebakaran, kebanjiran, dan lain sebagainya. Saat ini, banyak produk berupa brankas yang diklaim tahan dari api dan air. Penjualannya pun juga bebas, bisa di temukan di beberapa toko atau gerai perabotan rumah tangga.

5. Pengecekan Dokumen Secara Berkala

Pengecekan dokumen memang perlu dilakukan. Tujuannya untuk memastikan dokumen yang kita simpan dalam keadaan aman dan tidak rusak. Oleh karena itu, jika ada waktu luang silahkan mengecek dokumen. Tidak perlu terlalu sering atau terlalu jarang. Sewajarnya saja.

"Rajin baca buku. Tertib arsip, sukseslah hidupku. Literasi menjamur, Malang Makmur. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang," begitulah pesan yang tersemat di akhir video yang diunggah Disperpusip Kabupaten Malang dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022.

Sekadar informasi, Lomba Konten Kreator yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang bersama dengan Jatim Times ini dilaksanakan sejak tanggal 11 November.

Semula pihak penyelenggara memutuskan untuk membatasi waktu pendaftaran sampai dengan 23 November 2022. Namun, setelah berbagai pertimbangan dan masukan dari calon peserta, serta tingginya animo yang ingin berpartisipasi dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. Pihak penyelenggara akhirnya memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran.

Dengan adanya keputusan tersebut, batas pendaftaran Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 diperpanjang hingga 10 Desember 2022 mendatang. Sementara itu, untuk nominator terbaik akan diumumkan pada 13 Desember 2022.

Untuk diketahui, hadiah total yang disediakan panitia yaitu sebesar Rp 44 Juta. Dengan rincian sebagai berikut;

Hadiah Kategori Umum (Perorangan)
a. Juara 1: Rp 4 juta
b. Juara 2: Rp 3 juta
c. Juara 3: Rp 2 juta

Hadiah Kategori Sekolah (Beregu)
a. Juara 1: Rp 7,5 juta
b. Juara 2: Rp 6 juta
c. Juara 3: Rp 4 juta

Hadiah Kategori Organisasi Perangkat Daerah (Beregu) 
a. Juara 1: Rp 7,5 juta
b. Juara 2: Rp 6 juta
c. Juara 3: Rp 4 juta

Sedangkan untuk Peserta di setiap kategori lomba adalah sebagai berikut;

- Umum (Perorangan)
Bisa diikuti oleh masyarakat umum berbagai usia dan berbagai domisili, tidak harus di kabupaten Malang. Bisa juga diikuti oleh pengelola wisata, hotel, hingga pelaku UMKM.

- Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Malang (Beregu)
Misal: SDN 1 Banjararum, SMP Daarul Ukhuwwah Pakis, SMPN 2 Pakis, MAN Gondanglegi, SMK Diponegoro Tumpang, SMA Ar Rohmah Dau, dan seterusnya.

Baca Juga : Disdikbud Kota Malang Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2022 

 

- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malang, beserta unit kerja di bawahnya (Beregu)
Misal: Diskominfo Kabupaten Malang, BKPSDM Kabupaten Malang, RSUD Lawang, Puskesmas Ampelgading, UPT Dinas Bina Marga Kepanjen, UPT Bapenda Singosari, dan lain sebagainya.

Tema:
“Maju, Sejahtera Bersama Malang Makmur”

Kemudian untuk syarat dan ketentuan sebagai berikut:

- Memiliki kartu identitas (kartu pelajar/kartu mahasiswa/KTP), atau memakai kartu identitas perwakilan apabila peserta di bawah usia.

- Warga Negara Indonesia (WNI).

- Memiliki akun TikTok dan Instagram.

- Akun tidak boleh dikunci dan tidak boleh mengganti username yang didaftarkan.

- Peserta wajib follow akun medsos berikut:
Instagram @malangkab @kominfokabmlg @jatimtimescom
TikTok @kominfokabmlg dan @jatimtimes.

- Hanya boleh mengirim satu karya terbaik.

- Video sesuai dengan tema lomba.

- Durasi video 1 menit sampai 2 menit.

- Unggah di TikTok dengan tag akun TikTok @kominfokabmlg.

- Selain mengunggah di TikTok, peserta juga wajib mengunggah video di akun
Instagram dengan tag akun @malangkab @kominfokabmlg.

- Wajib memakai hashtag #KabupatenMalang #HUT1262KabMalang #PialaBupatiMalang2022

- Video tidak boleh dihapus selama periode lomba sampai pengumuman pemenang.

- Peserta mengisi dan mengirimkan link video di google form yang telah disediakan.

- Karya orisinil dan belum pernah diikutkan lomba serupa (dilengkapi surat pernyataan).

- Karya tidak melanggar hak cipta/menyinggung isu SARA/tidak vulgar.

-Peserta yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.

- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

- Upload Surat Pernyataan Keaslian Karya. (format surat pernyataan bisa diunduh di link yang disediakan, atau juga bisa menghubungi contact person di nomor 0881-3115-641 dan website maupun media sosial Jatim TIMES)

Penilaian:

- Orisinalitas
- Kekuatan pesan yang disampaikan
- Kualitas gambar
- Kreativitas

Penjurian:

Karya seluruh peserta diseleksi dulu oleh panitia untuk menentukan 10 nominator tiap kategori. Lalu, karya dari hasil penjaringan tersebut akan dinilai oleh para juri yang terhormat, yaitu mulai dari Bupati Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Wakil Bupati Malang, Sekda Kabupaten Malang, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang.

Sebagai catatan, panitia tidak pernah memunggut biaya apapun alias pendaftaran bagi semua peserta gratis.

Judul berita Lomba Konten Kreator Bupati Malang: Disperpusip Ajari Simpan Dokumen Lewat Unsur Komedi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
lomba konten kreator piala bupati malang disperpusip kabupaten malang

Berita Lainnya