07/12/2022 Studi Matematika Oxford: Brasil Diprediksi Jawara Piala Dunia 2022 | Jatim TIMES

Studi Matematika Oxford: Brasil Diprediksi Jawara Piala Dunia 2022

Nov 22, 2022 06:39
Prediksi laga Piala Dunia 2022 yang disampaikan mahasiswa post-doctor Institut Matematika Oxford University, Joshua Bull (foto: Instagram @oxford.mathematics)
Prediksi laga Piala Dunia 2022 yang disampaikan mahasiswa post-doctor Institut Matematika Oxford University, Joshua Bull (foto: Instagram @oxford.mathematics)

Pewarta: Binti Nikmatur | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan prediksi jawara Piala Dunia 2022 yang dinyatakan oleh ahli matematika di Universitas Oxford, Inggris. 

Diketahui sebelumnya, laga FIFA World Cup 2022 telah dimulai sejak Minggu (20/11/2022). Ajang empat tahun sekali tersebut untuk kali pertama digelar di Qatar selama kurang lebih satu bulan, hingga 18 Desember. 

Baca Juga : La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Ramai Disebut Mirip Casper, Gimana Menurutmu? 

Seperti dilansir Instagram @oxford.mathematics, studi yang dilakukan oleh mahasiswa post-doctor Institut Matematika Oxford, Joshua Bull menunjukkan bahwa Brasil yang akan memenangkan Piala Dunia 2022. 

Dalam penjelasan akun tersebut, model penghitungan matematika yang dilakukan adalah dengan mensimulasikan fase grup hingga satu juta kali dan mengambil hasil paling umum. 

Kemudian algoritmanya disimulasikan lagi dengan fase gugur hingga 100 ribu kali. Model matematika tersebut dihasilkan dengan cara menganalisis peringkat Elo masing-masing tim yang berasal dari data laga internasional sejak 2018. 

Untuk diketahui, Elo adalah pemeringkatan tim sepak bola asosiasi nasional pria yang diterbitkan oleh situs web Elo Ratings. 

Dari hasil penghitungan itu, Brasil diprediksi mengalahkan Belgia di Final. Sementara di babak semi final kedua negara itu diprediksi mengalahkan Argentina dan Prancis. 

Baca Juga : Rekor, Jungkook BTS Jadi Artis Korea Pertama yang Tampil di Laga Piala Dunia 

Sementara prediksi tim yang akan berhenti di perempat final, adalah Inggris, Portugal, Spanyol dan Belanda. 

Jika dipresentasi, Brasil memimpin dengan angka 14,72 persen yang diprediksi jadi jawara. Sementara di bawahnya ada Argentina dengan 14,36 persen. Kemudian Belanda 7,84 persen, Spanyol 7,03 persen, Prancis 6,37 persen, Belgia 6,31 persen dan Portugal 5,60 persen. 

Begitulah prediksi yang disampaikan oleh mahasiswa matematika dari Oxford University. Kalian dukung tim apa?

Judul berita Studi Matematika Oxford: Brasil Diprediksi Jawara Piala Dunia 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Piala Dunia 2022 Joshua Bull

Berita Lainnya