01/02/2023 Lindungi Keuangan dengan Asuransi Mobil, Pilih Jenis Terbaiknya! | Jatim TIMES

Lindungi Keuangan dengan Asuransi Mobil, Pilih Jenis Terbaiknya!

Nov 19, 2022 13:02

Pewarta: redaksi | Editor: Redaksi

JATIMTIMES - Jika membahas mengenai pemahaman keuangan, masih banyak orang belum mengenal asuransi, terutama asuransi mobil. Padahal, asuransi mobil penting dimiliki setiap pemilik kendaraan roda empat untuk melindungi keuangan.

Buat Anda yang tertarik ingin memiliki perlindungan kendaraan terbaik, bisa membeli asuransi mobil DuitPintar, pialang asuransi dari  PT Anugrah Atma Adiguna atau Triple A yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Baca Juga : Ciptakan Lapangan Kerja, Disperindag Jember Berikan Pelatihan Bagi IKM Baru

Anda bisa membandingkan polis-polis asuransi terbaik di Indonesia sekaligus melakukan registrasi secara online di DuitPintar.com, website edukatif dan informatif seputar asuransi. Selain registrasi, memilih polis sesuai budget, hingga melakukan klaim, semua prosedur itu dapat dilakukan mudah, cepat, dan aman di DuitPintar.

Untuk memiliki produk perlindungan satu ini, maka Anda bisa memilih asuransi mobil sesuai jenisnya, apakah itu asuransi Total Loss Only (TLO) atau asuransi mobil All Risk atau comprehensive. Jika memilih jenis comprehensivekeuntungan asuransi mobil All Risk apa saja?

Buat mengetahuinya, mari kita simak penjelasan mengenai pentingnya memiliki asuransi mobil dan memilih jenis terbaiknya.

Pentingnya Asuransi Mobil

Asuransi penting untuk melindungi keuangan masyarakat. Karena dalam mengelola keuangan, bila tidak menyertakan asuransi sebagai bagian yang dialokasikan akan mengancam perencanaan keuangan tersebut.

Terlebih jika terjadi suatu risiko finansial, seperti jika seseorang mendapatkan gaji lalu dialokasikan untuk tabungan atau deposito. Kemudian, hal tak terduga dialami, mobil kesayangan mengalami kecelakaan.

Dana yang sudah disiapkan untuk masa depan seperti pendidikan anak terpaksa harus diambil untuk memperbaiki mobil. Karena alasan itu, benar istilah yang menyebutkan bahwa asuransi itu melindungi diri dan perencanaan keuangan.

Premi asuransi yang dikeluarkan dijadikan sebagai investasi, pengelolaan keuangan yang baik. Ketika dibutuhkan, misalnya mobil mengalami kerusakan atau hilang, ada dana di asuransi yang bisa digunakan untuk mengganti mobil yang rusak atau hilang.

Dengan begitu, tabungan untuk masa depan tidak terganggu dan rencana keuangan tidak berantakan. Lantaran Anda sudah pasti tidak akan keluar uang untuk sesuatu yang tidak penting dalam jumlah yang lebih besar.

 

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Perusahaan asuransi mengenalkan beberapa jenis asuransi kendaraan. Namun, dua jenis asuransi mobil berikut ini adalah yang kerap dipilih masyarakat, yaitu:

●     Asuransi Mobil All Risk

Sesuai namanya, asuransi mobil All Risk atau comprehensive memberikan perlindungan secara menyeluruh. Perlindungan tersebut mencakup kerusakan akibat kecelakaan, aksi kerusuhan, bencana alam seperti terendam banjir, dan risiko kehilangan.

 

Lantaran memberi perlindungan total, maka nilai preminya lebih mahal di bandingkan asuransi Total Loss Only (TLO). 

●     Asuransi Total Loss Only

Asuransi TLO merupakan asuransi yang memberikan perlindungan terbatas dan spesifik. Yakni, mayoritas hanya melindungi kerusakan kecil di bawah 75% dan risiko kehilangan.

 

Baca Juga : Usai GoTo dan Twitter, Ratusan Karyawan Startup Ruangguru Di-PHK 

Bahkan, beberapa hanya melindungi kerusakan kecil pada kendaraan. Karena cakupannya yang tidak luas, premi pada jenis perlindungan kendaraan satu ini lebih murah di bandingkan asuransi comprehensive.

Utamakan Asuransi Mobil All Risk 

Untuk Anda yang ingin mendapatkan perlindungan penuh alias menyeluruh saat memanfaatkan asuransi mobil, maka All Risk menjadi solusi terbaiknya.

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil All Risk merupakan produk asuransi yang memberi Anda ganti rugi lengkap, mulai dari kerusakan ringan hingga parah. Asuransi comprehensive juga menanggung risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Karena manfaatnya itu, maka bisa disebut All Risk merupakan produk asuransi yang melindungi mobil dari segala risiko yang mungkin terjadi, mulai dari kecelakaan, bencana alam, rusak akibat terkena kerusuhan/huru-hara, bahkan ketika mobil hilang dicuri orang.

Asuransi comprehensive juga cukup populer digunakan oleh para pencinta mobil untuk melindungi kendaraannya secara maksimal. Dengan proteksi menyeluruh, asuransi mobil All Risk akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat berkendara.

 

Seperti diketahui, kita tak pernah tahu kapan kejahatan dan insiden kecelakaan dapat menimpa. Dengan perlindungan All Risk, maka dapat membuat Anda merasa nyaman dan aman kapanpun dan di mana pun berada.

Meski begitu, karena memiliki cakupan proteksi yang sangat luas, premi asuransi mobil All Risk cukup tinggi. Meski begitu, nilai premi yang dikeluarkan sebanding dengan perlindungan yang diberikan.

Berikut ini adalah beberapa jenis perlindungan dan ganti rugi yang disediakan asuransi mobil All Risk:

  • Kecelakaan, mulai dari insiden karena benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir atau terperosok.
  • Tindak kejahatan dari orang lain.
  • Pencurian, baik dengan atau tanpa kekerasan.
  • Kebakaran dan sambaran petir.
  • Insiden atau kecelakaan yang terjadi selama penyeberangan laut dengan feri.
  • Kerusakan roda akibat kecelakaan.
  • Biaya derek serta pengangkutan ke bengkel terdekat.
  • Pengecualian yang ada di polis asuransi All Risk.

 

Itulah penjelasan mengenai pentingnya memiliki asuransi mobil, jenis-jenisnya yang dapat dipilih dan pemaparan asuransi mobil All Risk. Semoga bermanfaat!

 

Judul berita Lindungi Keuangan dengan Asuransi Mobil, Pilih Jenis Terbaiknya!.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Asuransi Mobil asuransi mobil DuitPintar

Berita Lainnya