Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Terjun Mbangun Desa, Mahasiswa UNU Blitar Gelar Penyuluhan dan Desimilasi Alat Smart Kandang Ulat Berbasis IoT

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - Sep - 2022, 20:35

Placeholder
Mahasiswa UNU Blitar menyerahkan bantuan alat smart kandang ulat berbasis IoT kepada mitra peternak.(Foto: UNU Blitar for JATIMTIMES)

JATIMTIMES-Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar kembali terjun ke masyarakat dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Kali ini, sejumlah mahasiswa UNU dari Prodi Peternakan melaksanakan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penerapan Iptek (PKM-PI) berupa Penyuluhan dan Desimilasi Alat Smart Kandang Ulat Berbasis IoT kepada mitra peternak ulat kandang di Desa Sumbernanas, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Tersengat Listrik, Dua Pemuda Ponggok Blitar Meninggal Dunia di Kandang Ayam

Informasi yang dihimpun JATIMTIMES, kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok PKM PI yang beranggotakan lima orang. Masing-masing M Iza Dzulfikar Amin (Ketua Tim), Amirul Muklisin, Hidayatul Rosidah, Alfi Khusnita, dan Alfina sefti Rahmaningtyas. Puncak kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 23 Agustus 2022 dengan dihadiri Kaprodi Peternakan Drnining Haryuni, S.Pt, M.P dan Dosen Pembimbing Lestariningsih, S.Pt, M.P.

Kegiatan ini diikuti dengan penuh semangat oleh mitra peternak ulat kandang di Desa Sumbernanas. Selain materi pelatihan, mitra peternak juga mendapatkan bantuan alat smart kandang berbasis IoT.

“Kami dari Prodi Peternakan UNU Blitar mendorong peternak di Kabupaten Blitar untuk beternak secara modern dengan memanfaatkan teknologi. Di Desa Sumbernanas ini, kami mahasiswa UNU mengajak mitra peternak untuk menggunakan teknologi Alat Smart Kandang Ulat Internet of Things (IoT). Di kesempatan ini kami sekaligus juga memberikan bantuan alat,” kata M Iza Dzulfikar.

Iza menambahkan, dengan teknologi ini mitra peternak tidak perlu datang ke kandang untuk melihat kondisi iklim yang ada di dalam kandang.

“IoT ini akan memberikan banyak kemudahan dan meningkatkan prodiktifitas peternak. Dari manapun peternak bisa mengontrol pendingin, pemanas, blower dari jarak jauh untuk control suhu melihat suhu, monitoring kandang-kandang bisa dari jarak jauh,” terangnya.

Baca Juga : Pendampingan Penyusunan E-modul Kolaboratif Berbasis Digital Flipbook untuk Guru SMK Pusat Keunggulan di SMKN 2 Malang

Dosen Pembimbing PKM-PI Prodi Peternakan UNU Blitar, Lestariningsih, menyampaikan Penyuluhan dan Desimilasi Alat Smart Kandang Ulat Berbasis IoT kepada mitra peternak ulat kandang dilaksanakan mahasiswa UNU melalui kegiatan PKP-MI. PKM-PI bertujuan membuka wawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit salah satunya adalah pelaku usaha peternakan. Solusi iptek yang diimplementasikan harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan calon mitra.

Lebih dalam Lestariningsih menyampaikan, kehadiran dukungan IoT di kandang peternakan dan akan memungkinkan budidaya jarak jauh karena kesederhanaan proses kontrol. Pihaknya optimis penerapan teknologi ini akan bisa membantu peternak tumbuh secara efisien dan optimal.

“Dengan IoT ini peternak tidak perlu khawatir dengan cuaca yang ada di dalam kandang karena suhu, kelembaban dan faktor oksigen diatur dengan basis IoT system dengan cara automatis melalui temperature regulator yang terhubung dalam control system, sehingga membuat produktivitas budidaya dapat menjadi maksimal,” terangnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan