27/11/2022 Kadisbudpar Banyuwangi Minta Pengelola Destinasi dan Wisatawan Patuhi Jam Operasional | Jatim TIMES

Kadisbudpar Banyuwangi Minta Pengelola Destinasi dan Wisatawan Patuhi Jam Operasional

Sep 21, 2022 15:51
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, M.Y Bramuda (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, M.Y Bramuda (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Dalam upaya mencegah dan menanggulangi terjadinya peristiwa keributan di destinasi wisata Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi pada Selasa (20/09/2022)  dini hari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi M.Y Bramuda memminta agar seluruh pengelola destinasi wisata dan wisatawan mematuhi dan mentaati  jam operasional destinasi wisata yang ada di wilayah Banyuwangi.

Menurut Bram, sapaan Kadisbudpar Banyuwangi, pihaknya juga meminta agar setelah tutup di sore hari semua destinasi wisata menutup akses masuk para pengunjung. “Saya minta seluruh destinasi wisata di Banyuwangi setelah tutup harus ada yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan lokasi tempat wisata tersebut dan para wisatawan agar tidak memaksa masuk saat destinasi wisata sudah tutup,” jelasnya dalam rilis yang dikirim Rabu (21/9/2022).

Baca Juga : Tim Anggar Banyuwangi Siap Hadapi Kejuaraan Internasional di Bogor

Lanjut Bram, selagi proses hukum berjalan, pihaknya berharap agar masyarakat tidak mengambil kesimpulan terlebih dahulu atas kejadian tersebut. ”Kami sampaikan bahwa Pulau Merah dan semua destinasi wisata di Banyuwangi aman untuk dikunjungi. Namun kami meminta kepada pengelola destinasi wisata dan seluruh pengunjung agar mentaati peraturan dan tata tertib yang ada. Tetap tertib dan tidak minum-minuman keras di tempat wisata serta selalu menjaga kebersihan,” imbuh Bram.

Upaya yang akan dilakukan pihak Disbudpar Banyuwangi untuk mencegah hal serupa tidak terulang, Bram menegaskan akan segera mengumpulkan semua pengelola destinasi wisata se-Kabupaten Banyuwangi untuk membahas Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan di destinasi wisata, koordinasi dengan pihak Polsek setempat dan penegasan kembali batasan jam operasinal destinasi wisata di Banyuwangi.

”Segera kami kumpulkan seluruh pengelola destinasi wisata dan atas kejadian tersebut, Kami atas nama Pemerintah Daerah mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami yakinkan bahwa destinasi wisata di Banyuwangi tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi,” pungkas Bram.

Seperti diberitakan dalam beberapa media, Selasa 20 September 2022, sekitar pukul 03.00 dini hari di lokasi parkir destinasi wisata Pulau Merah Kecamatan Pesanggaran, telah terjadi keributan antar pengunjung tempat wisata tersebut.

Kronologinya, menurut Kapolsek Pesanggaran AKP Basori Alwi berdasarkan informasi pelapor, ada 2 (dua) mobil yang mengaku rombongan dari Jember bermaksud berwisata ke Pulau Merah.

Baca Juga : Pasca Rapimnas Partai Demokrat, Politisi Banyuwangi Fokus Bersama Rakyat Perjuangkan Perubahan

Sebelum dua mobil tersebut sampai di lokasi, di tempat tersebut sudah ada beberapa orang dengan mengendarai sepeda motor. Tidak berapa lama dan tanpa keterangan yang jelas, terjadi keributan dan pemukulan oleh seseorang kepada pelapor.

Atas laporan tersebut, Polsek Pesanggaran telah melakukan penyelidikan untuk mencari identitas pelaku dengan meminta keterangan dari pelapor dan saksi yang melihat kejadian. “Pengelola destinasi juga akan segera kami minta keterangannya untuk kejelasan perkara ini,” ujar Alwi.

Judul berita Kadisbudpar Banyuwangi Minta Pengelola Destinasi dan Wisatawan Patuhi Jam Operasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Disbudpar Banyuwangi pengelola destinasi wisata

Berita Lainnya