26/11/2022 Pasca Rapimnas Partai Demokrat, Politisi Banyuwangi Fokus Bersama Rakyat Perjuangkan Perubahan | Jatim TIMES

Pasca Rapimnas Partai Demokrat, Politisi Banyuwangi Fokus Bersama Rakyat Perjuangkan Perubahan

Sep 20, 2022 20:00
Ketua dan Sekretaris Partai Demokrat beserta anggota Fraksi Demokrat DPRD Banyuwangi saat mengikuti Rapimnas di Jakarta. (Istimewa)
Ketua dan Sekretaris Partai Demokrat beserta anggota Fraksi Demokrat DPRD Banyuwangi saat mengikuti Rapimnas di Jakarta. (Istimewa)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES- Menindaklanjuti hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimpnas) Partai Demokrat (PD) beberapa waktu, jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Kabupaten Banyuwangi fokus pada tagline partai yaitu “Bersama Rakyat Memperjuangkan Perubahan dan Perbaikan,”.

Menurut Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi Juli Setyo Pujirahayu, tindak lanjut setelah verifikasi partai politik (Parpol), maka pihaknya akan mengikuti pelantikan serentak di DPD Provinsi Jawa Timur (Jatim) bagi DPC PD  Kabupaten/Kota yang menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) beberapa waktu lalu.

Baca Juga : PKS Kantongi Nama Capres 2024, Ada Anies hingga Airlangga: Nasionalis-Religius

“Jadi semua wilayah yang kemarin sudah menggelar Muscab tetapi belum pelantikan akan melaksanakan pelantikan yang diagendakan sekitar Oktober-November. Yang jelas sebelum Desember 2022 semuanya tuntas,” jelas Julis di kantor DPC Partai Demokrat Banyuwangi pada Selasa (20/09/2022).

Alumni Untag Banyuwangi itu menuturkan, setelah menggelar Rapimnas, sekitar satu bulan sesudahnya akan digelar Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) tingkat provinsi. Kemudian satu bulan berikutnya akan digelar Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) Kabupaten/Kota.

“Tentunya kami juga akan memperbaiki daftar anggota, melakukan verifiasi ulang dan kembali pada tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing utamanya Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) dan Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu),” ujar ibu satu anak itu.

Mantan wartawati itu menambahkan, pihaknya sudah merajut kembali semua potensi untuk membesarkan partai. Tentunya salah satu poin penting keputusan Rapimnas PD adalah dalam kontestasi pemilihan presiden-wakil presiden RI 2024.

”Tetapi kami juga menyadari karena PD tidak memenuhi parlementary thrashold, saat ini sedang menjajaki untuk bergabung dengan parpol lain. Ketua Umum mengungkapkan sedang membangun komunikasi dengan Partai NasDem dan PKS. Siapa yang dicalonkan, seluruh peserta Rapimnas menyerahkan sepenuhnya kepada Ketum bersama Majelis Tinggi DPP,” imbuh wanita yang berprofesi sebagai lawyer itu.

Baca Juga : Panser Anoa TNI AD Pukau Masyarakat Merakurak Tuban

Sesuai dengan yang disampaikan SBY,  pada 2024 mendatang jajaran pengurus, kader dan simpatisan PD harus all out tidak boleh separo-paro dan tetap menempatkan diri sebagai partai oposisi.

Sedangkan untuk pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu Legislatif mendatang, PD Banyuwangi mulai membuka sambil menunggu kepastian penetapan Daerah Pemilihan (Dapil). 

“Karena Oktober 2022 ini sudah ada pembahasan kira-kira tetap atau berubah. Dapil satu-lima petarung-petarung PD yang akan terjun langsung sudah siap,” pungkas Julis.

Judul berita Pasca Rapimnas Partai Demokrat, Politisi Banyuwangi Fokus Bersama Rakyat Perjuangkan Perubahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Partai Demokrat Berita Banyuwangi

Berita Lainnya