Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ruang Mahasiswa

Songsong Bonus Demografi, Kampus IAIDA Blokagung Banyuwangi Gelar Stadium Generale

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Nurlayla Ratri

19 - Sep - 2022, 18:42

Placeholder
Foto bersama narasumber, Rektor AIDA dan Civitas Akademika AIDA Blokagung dalam Stadium Generale di Aula AIDA Blokagung Banyuwangi. (Istimewa)

JATIMTIMES- Dalam menyongsong bonus demografi, kondisi populasi masyarakat akan didominasi kelompok usia produktif. Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA ) Blokagung, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi menggelar Stadium Generale bertema "Meneguhkan Peran Mahasiswa Santri dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI)" di Aula IAIDA Blokagung, Senin (19/09/2022). 

Kegiatan Stadium Generale tersebut dihadiri oleh Komandan Kodim (Dandim) 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Milewa, dan Kajari Banyuwangi yang diwakili Kasipidum Budi Muhlis.

Baca Juga : P2MB Teknik Unej: Diduga Ada Kekerasan Psikis hingga Maba Diare karena Stres Berat

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga diikuti segenap civitas akademika dan mahasiswa baru IAIDA Blokagung dan dibuka oleh Rektor IAIDA Blokagung Dr. Ahmad Munib Syafaat.

Dalam sambutannya, Ahmad Munib Syafaat mengungkapkan peranan penting mahasiswa santri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga mampu menciptakan kehidupan bernegara secara terhormat.

"Tujuan kita menggelar acara ini adalah dalam rangka menjalin silaturahmi dengan Kodim, Polresta dan Kejaksaan Banyuwangi. Selanjutnya, memberikan tambahan motivasi kepada para mahasiswa terlebih kepada mahasiswa baru agar mereka mengetahui bagaimana konsep bernegara," jelas Gus Munib.

Lebih lanjut, dia menuturkan menjadi mahasiswa santri adalah kolaborasi yang apik sebagai arah kehidupan bernegara ke depan. Dalam menjaga keutuhan NKRI, di tengah pesatnya perkembangan informasi dan dalam menghadapi bonus demografi mendatang.

"Hal ini juga memberikan rasa optimisme santri bahwasanya santri tidak hanya menjadi ustaz, kyai dan ustazah saja dalam berdakwah. Namun bisa di mana saja sesuai keahlian masing-masing yang terpenting saleh dan kaffah," jelasnya.

Selanjutnya, Gus Munib berharap kepada seluruh mahasiswa tetap harus menjadi yang bermanfaat mempersembahkan segala pemikiran, keilmuan dan tenaganya untuk agama, bangsa dan negara serta terus berlatih menjadi insan yang terbaik.

Baca Juga : Ringankan Beban Dampak Kenaikan BBM, Gubernur Khofifah Bebaskan Pajak Kendaraan Angkutan Umum dan Ojek Online

"Pesan saya teruslah berlatih belajar yang baik serta menularkan ilmu yang bermanfaat, selalu cermat dan kreatif dengan kolaborasi kita mampu menghadapi bonus demografi," tambahnya.

Sementara, Letkol Kav Eko Julianto Ramadan Dandim 0825 Banyuwangi, memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan stadium general dan berharap ke depan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Program kegiatan yang sangat baik, saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Semoga bekal ini mampu diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga menciptakan masyarakat yang cerdas dan berkualitas dalam menjaga keutuhan NKRI,"  jelas Dandim 0825 Banyuwangi.


Topik

Ruang Mahasiswa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Nurlayla Ratri