Mentan RI Yasin Limpo Panen Sorgum Manis di Jombang | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Mentan RI Yasin Limpo Panen Sorgum Manis di Jombang

Sep 15, 2022 20:40
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat panen sorgum di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JatimTimes)
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat panen sorgum di Jombang. (Foto : Adi Rosul / JatimTimes)

JATIMTIMES - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan panen Sorgum di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Jombang. Pembudidayaan sorgum di Kota Santri ini diyakini bisa jadi kekuatan ketahanan pangan Indonesia.

Kegiatan panen sorgum manis kali ini dilakukan oleh Yasin Limpo di lahan pertanian seluas 50 haktare. Budidaya tanaman pangan ini dikerjakan oleh PT Sedana Panen Sejahtera.

Baca Juga : Mobil Mentan RI Yasin Limpo Kecelakaan di Tol Jombang

Menurut Mentan, tanaman sorgum ini kaya akan manfaat. Selain bisa digunakan sebagai pengganti beras maupun gandum, sorgum juga bisa dimanfaatkan untuk pengganti gula dengan memanfaatkan batang tanaman sorgum yang memiliki rasa manis.

"Sorgum adalah pilihan tanaman yang sudah familier. Ternyata sorgum bukan hanya untuk makan menjadi beras, sorgum sekarang bisa menjadi gula. Karena sorgum bijinya bisa menjadi beras, bisa menjadi tepung, batangnya bisa menjadi gula. Kemudian bisa jadi kecap, sirup dan lainnya. Bahkan ampasnya bisa jadi makanan ternak," ujarnya saat diwawancarai wartawan di lokasi, Kamis (15/09/2022).

Karena itu, Yasin Limpo menilai sorgum merupakan tanaman yang bisa menjadi kekuatan pangan Indonesia ke depan. Oleh sebabnya, ia datang ke Jombang untuk memastikan proses panen sorgum hingga proses produksi pascapanen.

Baca Juga : Manajemen Kampus yang Profesional, UIN Malang Jadi Teladan PTKIN Lain

"Jombang mengawali ini. Lebih baik saya hari ini ingin make sure (memastikan, red) dengan Pak Wabup dan anggota Komis IV DPR RI bahwa ini track yang menjanjikan untuk membuat ketahanan pangan nasional kita bisa berhadapan dengan kondisi apapun besok," ucapnya.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
syahrul yasin limpo Kementan RI Yasin Limpo

Berita Lainnya