Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Di Tangan Nabi Ini, Besi Tak Ubahnya Lilin atau Tanah Liat

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

13 - Sep - 2022, 08:28

Placeholder
Ilustrasi besi yang dengan mudah dilunakkan Nabi Daud (pixabay)

 JATIMTIMES - Nabi Daud merupakan nabi dari golongan Bani Israil. Ia merupakan Nabi yang juga menjadi seorang raja. Nabi Daud juga dikenal memiliki anugerah kebijaksanaan dan suara merdu hingga mukjizat mengagumkan yang diberikan Allah SWT, yakni mampu melunakkan besi.

Diolah dari Islam Pos, Dialog Malaikat Maut dengan Para Nabi A.S Karya Dr Mustofa Murod dan beberapa sumber lainnya, dalam Al Qur'an juga dikisahkan tentang Nabi Daud yang merupakan keturunan Nabi Ibrahim ke 12. Kisah Nabi Daud  terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 246 tentang seorang Nabi dari golongan Bani Israel setelah wafatnya Musa.

Baca Juga : Hikmah Berbagi Sesuai Anjuran Nabi, Bisa Membuat Hidup Tenang dan Disukai Banyak Orang

"Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam."

Ayah Nabi Sulaiman ini memang juga dikenal sebagai seorang yang mempunyai suara yang merdu. Saat beliau membaca Al-Qur'an, orang yang mendengarnya saat sakit menjadi sembuh. Bahkan burung - burung hingga gunung pun bersahut-sahutan dengannya dalam taqdis dan tasbih ketika beliau bertasbih.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, "dan ingatlah akan hamba Kami Daud yang mempunyai kekuatan; sungguh dia sangat taat (kepada Allah). Sungguh, Kamilah yang menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) pada waktu petang dan pagi, dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masing sangat taat (kepada Allah). Dan Kami kuatkan kerajaannya dan Kami berikan hikmah kepadanya serta kebijaksanaan dalam memutuskan perkara." (QS Shad [38]: 17-20) 

Selain itu, Nabi Daud memiliki mukjizat dapat melunakkan besi hanya dengan menggunakan tangan. Sehingga, sebuah besi bisa beliau potong dengan mudah, bahkan hanya mengunakan tangannya.  Ditangan Nabi Daud, besi tak ubahnya lilin atau tanah liat. Dari mukjizat itu, Beliau pun sempat membuat baju besi sebagai pertahanan perang. 

Baca Juga : Wujudkan Generasi Cinta Tanah Air, Polsek Karanganyar Gelar Upacara Bendera Serentak

Hal ini pun juga dituangkan dalam firman Allah Quran Surah Al Anbiya ayat 80."Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah)."

Begitu juga  seusai Firman Allah dalam Al Qur'an Surat Saba tentang mukjizat Nabi Daud. Dalam Surah Saba ayat 10-11, Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Daud, lalu Kami berfirman: "Hai gunung-gunung bacalah tasbih berulang bersama Daud, begitu pula burung-burung, dan besi itu kami jadikan lunak di hadapannya, Buatlah serta tenunkan baju besi, lalu kerjakan amalan yang shaleh, sesungguhnya Aku melihat apa-apa yang kamu kerjakan"(QS Saba, ayat 10-11).


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya