Warga Bondowoso Gelar Upacara 17 Avustus di Pekarangan, Kuli Bangunan Jadi Inspektur | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Warga Bondowoso Gelar Upacara 17 Avustus di Pekarangan, Kuli Bangunan Jadi Inspektur

Aug 17, 2022 19:56
Saat upacara yang digelar warga berlangsung (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Saat upacara yang digelar warga berlangsung (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Keterbatasan fasilitas dan sumber daya manusia tak menyurutkan semangat warga Desa Kembang, Kecamatan Bondowoso, untuk merayakan HUT Kemerdekaan Ke-77 RI.

Dalam kesederhanaan, sejumlah warga kompak menggelar upacara bendera pengibaran bendera Merah Putih di sebuah pekarangan rumah, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga : Hebat, Kendalbuhur Sabet Dua Juara Tingkat Provinsi Jatim

Menariknya,  jika petugas upacara umumnya diisi orang-orang berpangkat, di Desa Kembang petugas upacara diisi warga akar rumput dari berbagai profesi. Di antaranya kuli bamgunan, tukang becak, hingga buruh tani. Ada juga dari pemuda setempat yang berstatus pelajar.

"Kita meski hanya sebagai warga biasa juga tak ingin kalah dengan para pejabat-pejabat dalam memperingati kemerdekaan," ujar Anton, seorang kuli bangunan,  usai melaksanakan tugasnya sebagai inspektur upacara.

Dari sekian banyak warga yang menjadi peserta upacara, ada seorang nenek yang menyorot perhatian. Ia adalah Suyati yang diperkirakan sudah berumur hampir 90 tahun.

Sebagai sosok yang pernah merasakan belenggu penjajahan, Suyati  lebih khidmat mengikuti upacara dibanding peserta yang lain.  "Saya masih ingat ketika dulu dijajah Jepang. Saat upacara tadi, saya teringat dengan kata-kata Pak Karno (Presiden Soekarno) ketika merdeka lewat radio," ujarnya.

Sementara Ketua Panitia peringatan HUT RI ke-77 Desa Kembang Efril Kasiono mengungkapkan, terselenggaranya peringatan HUT Ke- 77 RI  di lingkungannya muncul dari keinginan warga. Biaya yang diperlukan pun bersumber dari warga yang secara swadaya bahu-membahu.

Baca Juga : HUT RI, Wali Kota Madiun Beri Remisi pada 986 Warga Binaan Pemasyarakatan

"Rasa keindonesiaan warga di sini sangat kuat. Karena kita ditakdirkan tidak terlibat melawan penjajah, setidaknya kita semangat untuk memperingati jasa-jasa pahlawan," ungkapnya.

Selain menggelar upacara, lanjut Efril, serangkaian HUT Ke-77 RI sudah dilakukan sejak Jumat (12/18) lalu hingga Minggu (20/8) mendatang. Serangkaian kegiatan dijadwalkan ditutup dengan doa bersama.

"Berbagai  lomba dilakukan. Ada juga JJS berhadiah. Nanti akan ditutup dengan doa bersama," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Upacara Agustusan Berita Bondowoso

Berita Lainnya