Dipimpin Danrem 032/Wirabraja, Apel Kehormatan Berlangsung Khidmat  | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dipimpin Danrem 032/Wirabraja, Apel Kehormatan Berlangsung Khidmat 

Aug 17, 2022 17:29
Suasana saat Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Lolong, Kota Padang
Suasana saat Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Lolong, Kota Padang

JATIMTIMES - Tidak mengurangi kesakralan, meskipun dilaksanakan sederhana, Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar dengan khidmat di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Lolong, Kota Padang, Rabu (17/8/2022) dinihari.

Upacara yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 tahun ini, dimulai tepat pukul 00.00 WIB dini hari. Apel dipimpin oleh Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto selaku inspektur upacara. 

Baca Juga : HUT RI ke-77, Wali Kota Sutiaji: Semangat Gotong-royong untuk Pulih dan Bangkit Lebih Cepat

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ditandai dengan penyalaan api obor, dan doa serta mengheningkan cipta mengenang jasa arwah para pahlawan yang telah gugur.

Danrem 032/ Wirabraja Brigjen TNI Purmanto membacakan naskah apel kehormatan, yang menyatakan penghormatan yang setinggi-tingginya atas keikhlasan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam pengabdian serta perjuangan membela negara dan bangsa.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga," ucap Brigjen Purmanto. 

Usai apel, Gubernur Mahyeldi menyampaikan, rasa hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan Pahlawan. Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya para generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan bangsa untuk meneladani semangat juang para pahlawan.

Baca Juga : Hari Kemerdekaan, 224 Napi Lapas Tuban Dapat Remisi, 3 Langsung Bebas

"Sesuai dengan moto kemerdekaan tahun ini, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, mari jadikan momen kemerdekaan tahun ini sebagai semangat baru untuk bangkit seperti semangat para pejuang dan pahlawan kita yang rela berkorban jiwa raganya demi bangsa dan negara ini," ucap Mahyeldi. 

Hadir Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi bersama jajaran Forkopimda Sumbar, diantaranya tampak Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Kejati Sumbar, Kabinda Sumbar dan Sekdaprov Sumbar. Turut hadir pula kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sumbar dan juga diikuti pasukan gabungan TNI-Polri. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
HUT Kemerdekaan RI Upacara HUT RI

Berita Lainnya