Jaring Potensi Pemuda, KMI Gelar Berbagai Perlombaan di HUT RI ke-77 | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Jaring Potensi Pemuda, KMI Gelar Berbagai Perlombaan di HUT RI ke-77

Aug 17, 2022 14:50
SEMANGAT: Juara satu tim futsal Moncong Putih dalam ajang turnamen futsal KMI Cup 2022 di lapangan Futsal HM Sport Kelurahan Bancaran (Foto: Dok. KMI)
SEMANGAT: Juara satu tim futsal Moncong Putih dalam ajang turnamen futsal KMI Cup 2022 di lapangan Futsal HM Sport Kelurahan Bancaran (Foto: Dok. KMI)

JATIMTIMES - Hari ini menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Masyarakat merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 dan pemerintah menetapkan sebagai tanggal merah.

Sepanjang hari ini, masyarakat merayakannya dengan mengikuti berbagai perlombaan. Kemeriahan acara tak hanya dari bendera warna-warni dan ornamen merah-putih yang dipajang di sepanjang jalan, namun juga lomba antar warga hingga masyarakat pada umumnya.

Baca Juga : HUT Kemerdekaan Ke-77 RI, Polres Malang Kawal Pemulihan Ekonomi Daerah 

 

Tahun ini menjadi momentum berharga. Karena, sejak beberapa tahun sebelumnya pandemi Covid-19 menjadi penyebab tidak adanya momentum perlombaan, baik di tingkat RT atau RW maupun masyarakat pada umumnya. Kali ini, momentum hari kemerdekaan diyakini bakal lebih meriah, seperti yang dilakukan oleh organisasi kepemudaan yakni Kacong Mahfud Institute (KMI).

Mereka merangkai beberapa kegiatan perlombaan yang dimulai dari sayembara logo harlah KMI yang ke-6  hingga perlombaan dalam semarak kemerdekaan Indonesia. Salah satu perlombaan yang berhasil menyita perhatian kalangan pemuda, yakni turnamen KMI Cup. Turnamen ini juga merupakan sebagai rangkaian Harlah KMI ke-6 sekaligus memeriahkan momentum hari kemerdekaan yang ke-77.

Turnamen KMI Cup ini, diikuti oleh 37 tim futsal yang tersebar di 18 kecamatan di Bangkalan. Tentunya tujuan dari turnamen ini selain memperingati harlah KMI juga sekaligus dijadikan semarak kemerdekaan.

"Tidak dipungkiri, bahwa futsal ini merupakan kegiatan yang banyak diminati oleh kalangan pemuda. Jadi kami berkeinginan agar kedepan kebersamaan ini terus terjalin," tutur Nur Hakim Direktur KMI kepada BangkalanTIMES saat dihubungi, Rabu (17/8/2022).

Turnamen futsal yang diikuti oleh 37 tim itu berlangsung meriah dengan sistem gugur. Dari 37 tim tersebut hanya diambil 4 tim terbaik. Tentu dari 4 tim itu merupakan tim yang patut diberikan pembinaan supaya bisa melanjutkan bakatnya, baik di kancah regional, nasional hingga internasional.

Setelah beberapa hari puluhan tim futsal itu bertanding pada laga final kemarin malam. Tim Moncong Putih berhasil mengalahkan Bayi Ajaib dengan skor 5-1. "Ini bukti keseriusan kami untuk menjadikan momentum berharga ini bisa dimanfaatkan dengan baik, agar masyarakat Bangkalan khususnya pemuda bisa beradu skil dalam serangkaian lomba yang telah KMI gelar," kata Nur Hakim.

Tidak akan berhenti di situ, Hakim mengaku, ke depan pihaknya akan terus menjaring potensi, khususnya para pemuda di Bangkalan melalui beberapa lomba-lomba yang sifatnya akan menunjang potensi atau skil para pemuda dan masyarakat Bangkalan, umumnya Madura.

"Ini komitmen kami sesuai dengan jargon kami di KMI 'berhenti berpikir sendiri, mari berbagi'. Itu landasan kami yang akan terus kami junjung tinggi ke depan, lebih-lebih dalam urusan sosial dan urusan menjaring potensi lokal Madura khususnya Bangkalan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, berikut rangkaian lomba pada harlah KMI ke-6 dan semarak HUT kemerdekaan RI ke-77 yang diselenggarakan oleh KMI.

1. Sayembara logo harlah KMI

2. Senam sicita (senam Indonesia cinta tanah air)

3. Jalan sehat dan dan bazar UMKM

4. KMI volley cup 2022

5. KMI futsal cup 2022

6. Panjat pinang lintas desa

7. Beragam lomba tradisional di Kec. Klampis

8. Beragam lomba islami bernilai dakwah di Kec. Konang

9. Beragam lomba adu kecerdasan di Kec. Geger.

Dari beberapa lomba di atas akan diakhiri dengan santunan anak yatim dan doa bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kacong mahfud institute kmi hut ri ke 77

Berita Lainnya